Review :: Air Mata Rasulullah, Kisah-kisah Penggugah Semangat dan Penentram Jiwa

Air Mata Rasulullah

cover buku Air Mata Rasulullah

Pengumpul cerita: Drs. Sentot Haryanto, M.Si.

My rating: 3 of 5 stars

Pencetak: Mata Padi Presindo

Tahun cetak: 2010

Tebal: 124 halaman

ISBN: ??? (gak ada)

Ini buku disusun oleh Direktur Kemahasiswaan UGM periode 2007-2012. Bapak saya, yang kebetulan kenal beliau, dikasih buku ini secara cuma-cuma. Dan saya pun menemukannya di lemari buku di rumah. Karena lumayan tipis dan ringan, akhirnya saya bawa deh kemana-mana. Buat temenin kalau lagi nunggu atau antre, biar gak bengong + lumutan.

Awalnya saya kira ceritanya isinya tentang kisah-kisah di zaman Rasulullah swt hidup saja. Tapi ternyata tidak begitu. Ada 39 cerita inspiratif. Banyak kisah yang terjadi pada zaman sebelum Rasulullah hidup dan ceritanya berasal dari Quran dan Hadits. Misalnya kisah pelacur yang masuk surga, bayi yang dapat berbicara, dan sebagainya. Kisah pasca Rasulullah wafat juga ada, misalnya kisah di zaman kekhalifahan Umar bin Khattab ra. Judul buku “Air Mata Rasulullah” diambil dari judul buku salah satu kisah, yaitu kisah waktu Rasulullah akan wafat… Pas Rasulullah saw. nangis karena……. baca sendiri deh ya :P

Baca buku

Si Buku nemenin pas lagi bosen nungguin mantenan selesai…

Kisah-kisahnya sangat inspiratif dan nge-jleb. Tapi buku ini cuma saya kasih nilai 3 dari 5. Soalnya bahasa dan tulisannya kurang tertata dengan baik. Ada yang gak jelas subjek-predikat, ada yang penjelasan muter-muter, ada kalimat yang terulang-ulang, banyak yang tanda bacanya (titik, koma, spasi) gak bener. Jadi, pas harusnya terharu gitu malah keganggu sama bacaan yang kurang bener. Risih. Kadang juga jadi kurang nangkep arti kalimatnya.

Oke, gue memang tipe grammar nazi :|

Pak Sentot bilang di bagian Pengantar, bahwasanya kumpulan cerita itu sebagian besar dari kiriman teman, misalnya dari milis. Ada juga yang diambil dari kitab-kitab, misalnya kitab Riyadush Sholihin. Nah, biar gak hilang ceritanya dan biar lebih gampang dicari, ceritanya dikumpulin deh jadi satu. Dijadiin buku. Saya cek di bukunya, di sana tidak ada keterangan siapa nama editornya. Jadi, sepertinya tiap bab itu hanya di copy paste ceritanya, dan ditambahi beberapa kalimat penjelas, kesimpulan cerita, dan pelajaran yang bisa diambil dari cerita tersebut.

Meskipun begitu, seenggaknya dia udah bikin waktu gejeku jadi lebih bermanfaat, insya Allah :)

About these ads

About fayruzrahma

always trying to be a simple person :)
This entry was posted in Islam. Bookmark the permalink.

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s