Semi Final Imagine Cup 2011

–yeah I know that there are a lot of articles about how to be success in this competition. But I want to share this topic from my point of view 🙂

Alhamdulillah, tim kami, Portal Combat, berhasil masuk 10 besar Imagine Cup Indonesia 2011. Sayangnya, kami belum dapat menembus empat besar, apalagi mendapatkan tiket gratis ke New York. Berikut ini saya bagikan pengalaman saya selama mengikuti kompetisi ini, serta beberapa tips agar berhasil melaju ke babak-babak selanjutnya. Semoga bermanfaat! 😉

round 1

Yang terpenting dan terutama adalah cari ide yang keren. Ya, memang mudah untuk mengatakannya, tapi mencari ide brilian itu susahnya minta ampun. Kamu bisa bikin mind mapping dari poin-poin MDG. Cari the world toughest problem menurutmu, dan rancang solusi yang canggih namun mudah digunakan.

Buatlah proposal semenarik mungkin, tunjukkan bahwa produk kita bisa benar-benar menyelesaikan masalah dengan cara lain dari yang lain dan efisien. Data statistik yang mencakup data dunia sangat membantu untuk menguatkan background project-mu, bahwa permasalahan yang kamu angkat benar-benar merupakan problem dunia dan harus segera dipecahkan.

round 2

Bikin screencast yang super cool! Menampilkan testimoni orang penting tentang solusi kita, bahwa yang kita tawarkan bener-bener helpful, cukup menunjang nilai kita di mata juri. Rangsang curiosity juri untuk melihat solusi yang kamu tawarkan secara langsung, biar kamu diundang presentasi di Jakarta. Kirimkan progress report dengan packaging yang apik, desain dvd yang elegan, dan overview dari solusimu..

Ada lho, tim yang keren dari sisi teknisnya, sampai masuk-masuk lab segala untuk penelitian, tapi gak lolos karena mungkin proposal & progress report yg kurang menarik. Ada juga tim yg sebenernya kurang kuat di hal teknis tapi lolos karena idenya oke punya dan packaging keren banget.

semi final
Nah, karena kami gagal di tahap ini, sebaiknya kami share saja alasan kegagalan kami di kompetisi ini. Semoga teman-teman atau kami pun bisa mengambil pelajaran berharga dan tidak akan mengulangi kesalahan ini di kesempatan selanjutnya 😀

Masalah utama kami adalah kesalahan dalam menentukan target market. Kami merasa bahwa aplikasi ini harus menjadi an application that everyone should have. and that made us can’t even answer a very basic question about our application 😦

Juri bertanya, “apa yang membuat orang mau menginstall aplikasi ini di mobile phone mereka? Kamu tidak bisa memaksa mereka untuk menggunakan aplikasi ini kalau mereka saja belum aware terhadap permasalahan ini. Perasaan adalah hal yang sulit diubah jika menggunakan teknologi saja.”

Sebenarnya pertanyaan itu bisa dilewati dengan baik kalau saja kita mendefinisikan target market dengan benar. Misalnya hanya kepada siapa saja yang benar-benar aware terhadap permasalahan tersebut. Selama ini orang-orang yang peduli terhadap permasalahan ini terhalang oleh kendala komunikasi, dan aplikasi kami membantu mereka untuk saling terhubung antara orang yang ingin membantu dan orang yang membutuhkan bantuan. Tapi saat itu, kami tak kepikiran untuk mengungkapkan hal itu. Dan background yang kami paparkan di presentasi pun sedikit berbeda karena kami lebih fokus ke salah satu poin MDG saja.

Presentasi diperburuk oleh lack of english presentation experience.. Ini adalah pengalaman pertama saya presentasi bahasa Inggris untuk keperluan lomba. Apalagi ada permasalahan teknis, tiba-tiba wireless connection laptop yang digunakan untuk presentasi disconnected. Padahal hubungan dengan internet sangat penting untuk keperluan demo.

Dan lagi, Presentasi kurang berasa menjual, jadi kesan “wow” nya tidak ada sama sekali. Ini bukan dari pandangan saya saja lho, jurinya sendiri bilang kalau presentasi kami tidak memberikan kesan wow. I really need more practice! xO

Yah, walaupun kami gagal di kompetisi ini, it’s not over yet. Kami membesarkan hati kami, ini adalah awal dari segalanya. Ini adalah pengalaman pertama kami yang sangat berharga di kompetisi nasional. Seperti kata Sinar Dunia, “Experience is the best teacher!” Kami masih newbie di wilayah ini, dan kami tidak akan patah semangat karena kegagalan ini.

Semangat! (^^)9

Iklan

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s