Tours in Telkom InfraTEL

“Kalau urusan sudah selesai sebenarnya ingin jalan2 muter2 lab di telkom kak, hehe”

Ucapan iseng saya saat gtalk-an dengan @abdulaziso, pembimbing kerja praktek kami, ternyata berbuah manis. Selasa, 18 Oktober 2011, saya dan mbak Alvi dibawa ber-tour ria ke beberapa ruang menarik di PT Telekomunikasi (Telkom) Indonesia. Yippiiee!

Pertama, kami dibawa ke lantai 2 Gedung Grha Citra Caraka. Ada tulisan besar yang menempel di situ: i-Sure. Integrated Service Assurance Center. Di dekat situ, mbak Alvi menemukan papan iklan dengan model yang mirip dengan seseorang yang cukup familiar di JTETI UGM xD

Pak Rudi??
kayaknya kenal deh...

i-Sure & posko siaga
atas: i-Sure. bawah: Posko Siaga InfraTEL

Lalu kami masuk ke ruangan RNCC – Regional Network Control Center, tempat di mana jaringan-jaringan di Jakarta dimonitor dan dikendalikan apabila terjadi gangguan. Ruangannya buesaar, dengan banyak monitor berjejer-jejer di atas meja. Tak ketinggalan beberapa data jaringan dalam bentuk tulisan, angka, maupun grafis terpapar besar-besar di dinding depan ruangan. Runag RNCC seperti ini terdapat pula di Medan, Surabaya, Makassar, Balikpapan dan Bandung. Untuk Bandung namanya NNCC – National Network Control Center. Secara hirarki, NNCC membawahi RNCC, sedangkan secara fungsi memonitor dan mengendalikan jaringan-jaringan di seluruh Indonesia.

PC-nya banyak, tapi kursi yang terdapat di situ tidak penuh. Mana nih karyawan lainnya? Rupanya, kerjanya “cukup santai” sehingga tidak perlu harus full dari jam 8-17 duduk mantengi  monitor dan saat kami datang belum jam 9. Tekanan kerja kian memuncak saat ada gangguan pada jaringan saja. Selain itu, operator bisa memandangi data-data dengan santai sambil mengisap kopi, membaca koran, ataupun menonton isu terbaru tentang reshuffle menteri di televisi yang dipasang di tengah-tengah ruangan.

Ruangannya bagus nan keren. Sayangnya, saya tidak diizinkan untuk memajang foto-foto dalam ruang PT Telkom secara publik, hehehe 😛

ArNet Semanggi Telkom
ArNet Semanggi Telkom

Selanjutnya kami dibawa ke gedung sebelahnya, ArNet Semanggi. Tempat sentral jaringan backbone di Semanggi dikelola. Isinya ada rak-rak besar dengan kabel-kabel, router-router, dan semacamnya…

Di gedung ini, kalau mau masuk ruangan kudu naik tangga, terus turun tangga dulu. Rupanya dulu pernah ada banjir setinggi dada di kawasan ini. Tentu saja ini membuat Telkom kelabakan karena perangkat dan dokumen-dokumen bisa terendam dong! Akhirnya dibuatlah dinding kecil yang menutupi pintu masuk, biar kalau banjir lagi, airnya gak masuk.

Perhentian selanjutnya adalah lab IP Network NetRe Jakarta. Di ruangan ini, karyawan ataupun studentsbisa latihan konfigurasi

IP Network NetRe Jakarta
IP Network NetRe Jakarta dan modul-modul cisco...

jaringan dengan menggunakan perangkat yang sudah tidak digunakan lagi namun masih berfungsi. Buku-buku tebal berjudul CisCo bertebaran…

STO Gambir adalah destinasi terakhir kami. Kami ke lantai 3, tempat Service Operation Center (SOC) beroperasi. Di sini ada 4 bagian ruangan: BOC (Broadband Operation Center) untuk helpdesk untuk Speedy, SCA & EOC (Service Configuration & Activation) untuk Tracking & Provisioning Data dan Internet, SOC (Service Operation Center) untuk Fault Handling Data dan Internet dan Ruang Pegawai. Di tiga ruang pertama yang disebutkan menggunakan tenaga outsourcing.

Di ruangan BOC, staff melayani gangguan yang tidak bisa ditangani di bagian media call 147 (yang ditelepon pengguna kalau ada yang error). Jadi, gangguannya yang di jaringan, bukan di end user. Rata-rata gangguan yang diurusin tiap harinya

.STO Gambir
STO Gambir. Avatar - basecamp Groovia. NOC

ada…. 3000! waow! kalau yang menerima keluhan dari pelanggan bahkan bisa sampai 3x lipatnya, waowaowaow! Padahal pegawainya kayaknya gak sampai 30. It means, tiap hari per orang menangani lebih dari 100 masalah jaringan. egh. Membayangkan pusingnya tiap hari troubleshooting jaringan… :-&

Sebelum pulang, kami mampir ke ruang operasi-nya Groovia. FYI, Groovia adalah layanan IPTV dari Telkom, menawarkan VoD (Video on Demand), TVoD (TV on Demand), dan semacamnya. Sementara ini layanan Groovia terbatas untuk Jakarta dulu.

Ruangan Groovia ini mirip kayak yang di RNCC, banyak kursi dan meja dan laptop menghadap ke layar buesaaarr yang menayangkan berbagai macam channel tivi. Wah, tiap hari pada nonton tipi nih pasti kerjanya, haha… Ruangnya keren deh! Tapi sekali lagi maaf, saya ndak boleh pajang fotonya di sini… hihihihi…

Nah sampai situ saja cerita saya. Banyak sekali pengalaman dan ilmu yang bisa saya kulik di sini, yang makin membuka mata saya akan luasnya cakrawala ilmu pengetahuan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. amin 🙂

Iklan

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

6 thoughts on “Tours in Telkom InfraTEL”

  1. Ping-balik: Lulus? | fayruzrahma

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s