Bersih-bersih Fan Laptop MSi & iON

motherboard dan fan laptop
motherboard dan fan laptop

Sudah beberapa bulan laptop saya berisik sekali. Bukan karena saya nyetel dorama atau windows media player, kalo ini mah saya suka. Tapi karena kipas prosesornya berputar dengan kecepatan maksimal sehingga suara perputaran tersebut menimbulkan suara ngiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing yang cukup mengganggu. Artinya, laptop saya sering berada dalam kondisi yang panas sekali sehingga kipasnya bekerja sangat sangat ekstra untuk menurunkan suhu prosesor.

Hm, sebenernya saya sih tidak terganggu karena akhirnya jadi terbiasa mendengarkan dengungan si MSi setiap hari (okok) Tapi kalo pas laptop-an di kampus atau di kantor, gak enakan, kayaknya kok suara si MSi ini bisa menghancurkan konsentrasi tetangga…

Awalnya saya kira suara bising ini karena pengaruh usia. Biasalah, kayak manusia, makin tua makin cerewet, hehe. Laptop teman saya yang lebih tua soalnya juga begitu. Mantan laptop saya yang sekarang dipakai adek saya pun begitu, suaranya malah lebih banter.

Tapi, lama-lama rasa gak enakan saya tak tertahankan. Saya pun berteriak di Plurk, bertanya bagaimana cara membuat si MSi memelankan suaranya, biar lebih merdu. Seorang teman yang baik hati sekali (Vicky F.) memberi saya pencerahan agar laptop saya dibongkar dan dibersihkan dalemannya…

Oh wow! Ternyata cuma butuh dibersihkan tho….. Wew, udah gatel rasanya pengen mbongkar2! Udah lama sih ga maen gituan xP Tapi karena waktu itu saya lagi kerja praktek terus ujian Mid, saya belum berani mbongkar. Takutnya kalo ada apa-apa nanti data saya mendadak hilang gimana (fuu)

Karena terlalu lama menunda bersih-bersih daleman laptop, saya jadi lupa. Sampai akhirnya beberapa hari yang lalu, laptop saya (diduga) terserang Memory Leak. RAM terpakai 100% padahal gak buka yang macem-macem. Akibatnya kerja laptop jadi suuper lambat. Laptop saya jadi panas banget, sampai dia bunuh diri (shut down sendiri)ย untuk menjaga komponen penting di dalam tubuhnya…

Kejadian tersebut membuat saya sadar pada malam itu. Saya ingat bahwa saya punya hasrat terpendam untuk membersihkan daleman si MSi. Bermodalkan obeng, tisu, kuas kecil, dan nekat (belum pernah baca/lihat tentang motherboard si MSi, terakhir kali bongkar CPU 1-2 tahun yang lalu pas praktikum Komputer Dasar), akhirnya saya membedah si MSi.

  1. Lepas baterai laptop terlebih dahulu.
  2. Identifikasi sekrup-sekrup mana saja yang berkaitan dengan penutup daleman (motherboard) laptop, karena ada sekrup yang ternyata tidak berhubungan dengan penutup.
  3. Longgarkan dan lepas sekrupnya dengan menggunakan obeng kecil. Kalau laptopnya masih dalam masa garansi, mending jangan coba-coba bongkar laptop, soalnya nanti segel garansinya rusak… Simpan sekrup di tempat yang aman (sekrup saya hilang satu, padahal udah disimpen baik-baik :'()

    bongkar laptop pakai obeng
    longgarkan sekrupnya untuk membuka penutup motherboard
  4. Coba-coba buka penutup laptop secara berhati-hati. Untuk lebih amannya, mending coba lihat buku petunjuk laptop. Tapi di sini saya sudah keburu kepengin mbongkar, jadi saya perhatikan bagaimana bentuk desain penutup ini. Tekan sedikit, geser sedikit, akhirnya terbuka juga :3
  5. Kenali komponen-komponen di situ. Gak usah kenal semua gakpapa sih, yang penting tau kipas itu yang mana. Letak kipas itu yang di deket lubang keluar angin. Daerah terpanas kalau si MSi lagi berisik. Yang bentuknya BUNDER.

    motherboard MSi
    akhirnya melihat motherboard (daleman) si MSi setelah 2 tahun aku memilikinya...
  6. Nah, setelah tau yang mana kipas, bersihkan kipasnya. Saya pakai kuas kecil. Kuas itu sebenernya untuk pembersih keyboard, belinya sepaket sama pembersih screen. Dulu saya belinya di pameran komputer, harganya Rp 10.000,00. Udah setahun lebih sampai sekarang isi botol pembersihnya masih penuh…

    kuas dan pembersih screen
    kuas dan pembersih screen
  7. Saya waktu itu ndak berani lepas kipasnya karena di atas kipas itu ada komponen lain, yang warna orens-orens panjang itu… Jadi, cara mbersihinnya adalah dengan mengangkat laptop ย dan posisi kipas menghadap ke arah bawah. Masukkan kuas ke dalam sela-sela kipas, cungkil-cungkil kotoran di daerah yang tersembunyi agar kotoran jatuh ke bawah.
  8. Kotoran yang didapat (kelihatannya) tidak terlalu banyak. Karena saya ndak berani lepas kipas juga, kemungkinan besar masih banyak debu yang terselip… Ada juga bagian yang susah sekali, gak terjangkau sama kuas, yaitu bagian tempat keluarnya udara panas (ga tau nama kerennya).

    fan, kuas, debu hasil penggalian
    fan, kuas, dan hasil penggalian debu
  9. Setelah dirasa puas bersih-bersihnya, tutup kembali daleman, pasangkan sekrupnya.
  10. Proses bersih-bersih fan laptop selesaaai ๐Ÿ™‚
  11. Agar bersih-bersihnya lebih mantap, keyboard+screen sekalian dibersihin juga pake kuas+kain :3

    membersihkan layar laptop
    membersihkan layar laptop

Ternyata, walaupun debu yang berhasil dikeluarkan sedikit, efeknya sangaaaaaaatttt terasa! Kini laptopku tak pernah meraung-raung lagii! Suhunya juga udah gak terlalu panas… Alhamdulillaah yaaah^^

———————————————————————————

Keesokan paginya, hasrat bongkar-bongkar rupanya masih belum padam. Mantan laptop saya, si iON, yang selalu berisik dan panas sekali, membuat saya iba dan gatal untuk mbersihin fan-nya juga.

Proses bersih-bersih semalam rasanya belum memuaskan. Akhirnya saya googling tentang cara bersih-bersih fan laptop. Wah, ternyata sudah banyak sekali info tentang cara membersihkan fan laptop. Dan sebagian besar menyarankan pembersihan menggunakan vacuum cleaner atau semprotan udara mampat biar debunya hilang secara total, terutama di bagian keluarnya udara panas. Sayangnya saya gak punya vacuum ataupun semprotan T^T

Searching tentang daleman iON, gak dapet.ย Akhirnya saya nekat (lagi). Ternyata bentuk penutup iON beda sama MSi. Namun masalah ini dapat diatasi. Letak fan pasti di sebelah lubang keluarnya udara panas ๐Ÿ˜‰

melepas baterai iON
melepas baterai iON dulu
buka penutup iON
buka penutup iON, yang di dekat lubang udara

Ternyata, daleman iON beda jauh sama daleman MSi. Hampir saja saya me-medot-kan kabel karena rupanya fan nempel di penutupnya!

fan menempel di penutup
fan nempel di penutup, kabelnya nancep di motherboard...

Untung kabelnya bisa dilepas secara manusiawi, jadi bersih-bersih fan si iON bisa lebih total! yeah! rocks!

fan laptop dan tempat tinggalnya
fan laptop dan tempat tinggalnya
mbuka sekrup, biar fan bisa lepas dari penutup...
mbuka sekrup, biar fan bisa lepas dari penutup...
fan laptop dan si pemilik laptop
fan laptop dan si pemilik laptop
membersihkan fan laptop jadi lebih mudah
membersihkan fan laptop jadi lebih mudah
fan iON dan debunya
fan iON dan debunya. Tebel boo, sampai nutupin setengah jalan keluar udara.
lubang keluar udara
sayangnya debu di antara lubang keluar udara susah untuk dibersihkan pakai kuas....

Alhamdulillah, kini si iON berasa kembali muda… suaranya sudah tak meraung-raung lagi, gak cepet panas juga ๐Ÿ˜€

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

3 thoughts on “Bersih-bersih Fan Laptop MSi & iON”

    1. cr640 itu merk laptop apa ya?
      kalau skrupnya susah dibuka, mungkin obengnya kurang cocok… coba pakai obeng yang pas. lebih enak lagi kalau obengnya yang ujungnya ada magnetnya, jadi sekrupnya bisa ketarik kalau sudah longgar…
      kalau memang skrupnya terlalu kencang dan tidak bisa dibuka sendiri, sebaiknya dibawa ke reparasi saja mbak ๐Ÿ™‚

      Suka

Ada komentar?

