Pembahasan Soal Penalaran Analitik 1 (Kabupaten/Kota 2004)

Diambil dari Soal Olimpiade Komputer Tingkat Kabupaten/Kota Se-Indonesia 2004
Soal Penalaran Analitik - Sesi III

Suatu keluarga yang terdiri atas enam orang (Bapak dan ibu serta empat anak) : J, K, L, M, N, O, mengambil potret bersama di tangga di pelataran rumah mereka. Ada enam anak tangga, masing-masing orang berdiri pada satu anak tangga yang berbeda. Anak tangga diberi nomor 1 sampai 6, dari bawah ke atas.

duduk bersusun di tangga
duduk bersusun di tangga. sumber: http://nengpuspa.files.wordpress.com

J pada anak tangga keempat.

L dan N pada anak tangga yang lebih rendah daripada anak tangga di mana K berdiri.

M berdiri pada anak tangga yang lebih rendah daripada anak tangga di mana L berdiri.

  1. Mana urutan yang memenuhi syarat, mulai dari anak tangga terendah ke anak tangga tertinggi?
    1. K, O, N, J, L, M
      Tidak memenuhi syarat karena L dan N pada anak tangga yang lebih tinggi daripada K.
    2. L, M, N, K, O, J
      Tidak memenuhi syarat karena J pada anak tangga keenam.
    3. M, N, L, J, O, K
      Memenuhi syarat.
    4. O, J, M, K, N, L
      Tidak memenuhi syarat karena J pada anak tangga kedua.
    5. O, L, M, J, N, K
      Tidak memenuhi syarat karena M pada anak tangga yang lebih tinggi daripada L
      .
  2. Mana yang pasti benar :
    1. K pada posisi yang lebih rendah daripada J.
    2. N pada posisi yang lebih rendah daripada L.
    3. N pada posisi yang lebih rendah daripada M.
    4. M pada posisi yang lebih rendah daripada K.
    5. O pada posisi yang lebih rendah daripada K.
      Dari syarat, disebutkan bahwa:
      ( L dan N ) < K
      M < L
      Maka, dapat disimpulkan: M < L < K. Jawaban = D
      .
  3. Mana yang mungkin benar :
    1. K pada anak tangga pertama
      K tidak mungkin di anak tangga paling bawah, karena di bawah K ada L, N, dan M.
    2. L pada anak tangga pertama
      L tidak mungkin di anak tangga paling bawah, karena di bawah L ada M.
    3. N pada anak tangga pertama
      Mungkin
    4. K pada anak tangga keempat
      Tidak mungkin karena di anak tangga keempat ada J.
    5. J pada anak tangga kelima
      Tidak mungkin karena J pada anak tangga keempat.
      .
  4. Jika O pada anak tangga teratas, siapa yang berdiri di anak tangga kelima?
    1. J
    2. K
    3. L
    4. M
    5. N

Dari syarat, susunan posisi yang mungkin adalah :

6 O O pada anak tangga teratas
5 K
4 J J pada anak tangga keempat
3 L/N

L N M di bawah K

2 L/N/M
1 N/M

Jadi jawabannya adalah B

Mau soal lagi? Klik:
Pembahasan Soal Analitik 2
Pembahasan Soal Analitik 3
Pembahasan Soal Analitik 4

 

Iklan

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

8 thoughts on “Pembahasan Soal Penalaran Analitik 1 (Kabupaten/Kota 2004)”

    1. karena kalo soal doang udah banyak tuh di internet, yang masih dikit itu pembahasannya…
      ini nanti buat referensi adek2 bimbinganku kok, kemarin udah dibahas, kutulis ulang aja biar gak lupa, hehe

      Suka

      1. dulu sih guru sekolah-nya nyasar di blog-ku terus baca CV, jadi aku dihubungi buat tawaran itu
        kalau untuk mbina olimpiade di tempat lain, aku kurang tau… biasanya yang punya link2 begituan kayaknya mona IT ’10. mungkin kalo kamu mau, coba tanya2 ke dia…
        kalo tentor fisika kayaknya juga banyak yg nyari, hoho

        Suka

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s