Perbandingan Empat Platform Cloud Computing

Review Paper :: Comparison of Several Cloud Computing Platform
Peng, Junjie. Zhang, Xuejun. Lei, Zhou. Zhang, Bofeng. Zhang, Wu. Li, Qing.
Second International Symposium on Information Science and Engineering, 978-0-7695-3991-1/09 © 2009 IEEE, page 23-27

Abstrak:

Cloud computing is the development of parallel computing, distributed computing and grid computing. It has been one of the most hot research topics. Now many corporations have involved in the cloud computing related techniques and many cloud computing platforms have been put forward. This is a favorable situation to study and application of cloud computing related techniques. Though interesting, there are also some problems for so many platforms. For to a novice or user with little knowledge about cloud computing, it is still very hard to make a reasonable choice. What differences are there for different cloud computing platforms and what characteristics and advantages each has? To answer these problems, the characteristics, architectures and applications of several popular cloud computing platforms are analyzed and discussed in detail. From the comparison of these platforms, users can better understand the different cloud platforms and more reasonablely choose what they want.

Keywords-cloud computing; virtualization; utility computing; IaaS; PaaS; SaaS

Cloud computing adalah pengembangan dari parallel computing, distributed computing, dan grid computing. Teknologi ini semakin berkembang dan terkenal. Salah satu tandanya adalah munculnya berbagai platform cloud computing. Bagi orang-orang yang baru saja mempelajari cloud computing, ingin menerapkan teknologi tersebut, dan bingung untuk menentukan platform yang akan digunakan, paper ini layak dibaca karena paper ini memaparkan komparasi dari empat jenis platform cloud computing, yaitu Abicloud, Eucalyptus, Nimbus, dan OpenNebula.

  1. Abicloud adalah platform yang memudahkan pengguna dalam mengatur komponen-komponen dari cloud computing. Pengguna dapat membuat layanan baru hanya dengan men-drag mesin virtual dengan mouse. Abicloud dibangun dengan basis Java dan mendukung berbagai mesin virtual, seperti vBox, VMWare, Xen, KVM, dan sebagainya, sehingga membuat Abicloud menjadi platform yang fleksibel.
  2. Eucalyptus (Elastic Utility Computing Architecture for Linking Your Programs to Useful System)merupakan struktur komputasi elastis yang mampu digunakan untuk menghubungkan program pengguna kepada sistem yang bermanfaat. Eucalyptus merupakan infrastruktur open-source menggunakan kluster dan workstation yang mengizinkan pengguna untuk menyewa jaringan untuk kemampuan komputasinya.
  3. Nimbus adalah solusi cloud computing yang menyediakan IaaS, mengizinkan pengguna untuk menyewa remote resources dan membangun lingkungan komputasi yang dibutuhkan melalui pembuatan mesin virtual. Komponen-komponennya dapat diklasifikasikan menjadi tiga: modul pendukung client, modul pendukung layanan, modul manajemen sumber background
  4. OpenNebula merupakan framework cloud computing open source dan proyek penelitian terdepan dalam infrastruktur dan cloud computing virtualisasi di wilayah Eropa. OpenNebula mengizinkan user untuk mengatur mesin virtual pada sesumber fisik dan mampu mengeset kluster dan data center menjadi infrastruktur virtual yang fleksibel dan mampu beradaptasi secara otomatis saat terjadi perubahan beban layanan.

Aspek-aspek yang diperbandingkan antarplatform dalam paper tersebut adalah karakter cloud, skalabilitas, bentuk cloud, kompatibilitas, deployment dan caranya, kemampuan transplant, dukungan dengan mesin virtual, antarmuka web, struktur, reliabilitas, dukungan sistem operasi, dan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sistem tersebut. Persamaan dari keempat sistem tersebut adalah: semuanya scalable, menyediakan IaaS (Infrastructure as a Service), mendukung deployment yang dinamis pada platform, mendukung teknologi virtualisasi Xen, mendukung sistem operasi Linux, dan pembuatan aplikasi dengan Java. Di sisi lain, terdapat banyak perbedaan di aspek-aspek lainnya, seperti antarmuka web, reliabilitas, dan sebagainya. Sayangnya, tabel perbandingan platform tersebut tidak disertai dengan bukti-bukti yang menguatkannya.

perbandingan platform cloud computing
perbandingan platform cloud computing

Kekurangan dari paper ini adalah antara lain mengenai judul paper yang kurang detail karena paper ini hanya membahas empat platform saja. Terdapat kata kunci PaaS dan SaaS, padahal kedua kata kunci tersebut hanya dibahas di bagian pendahuluan, tidak dipaparkan lebih lanjut di bagian isi. Metode penelitian juga tidak dipaparkan dengan jelas, apakah dengan studi pustaka atau menguji langsung keempat platform tersebut.

Penulis paper menyadari bahwa masih banyak aspek yang belum dibahas dalam komparasi platform cloud computing ini, antara lain: ketersediaan resource secara kontinyu, mekanisme saat terjadi kegagalan kluster, penjaminan konsistensi, sinkronisasi, interoperasi, keamanan platform dan data saat transmisi, dan sebagainya.

Singkatnya, paper ini mampu membantu orang-orang baru dalam dunia cloud computing untuk memilih platform cloud computing yang ingin digunakan, meskipun metodologi dan bukti yang digunakan dalam penelitian kurang jelas.

Iklan

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s