Seminar Online Fast Track UGM

What: Seminar Online
Who: Peserta Fast Track Universitas Gadjah Mada
When: Kemarin, 27 Maret 2012. Jam 08.00-16.30
Where: Ruang 202, Lantai 2 Magister Teknik Sistem (MTS)
Why: Monitoring dan evaluasi program Fast Track, sharing pengetahuan dengan mahasiswa Fast Track dari universitas lain

Kamis, 22 Maret 2012, group Fast Track FT UGM di facebook dibuat heboh. Ada gossip dari mahasiswa universitas tetangga, UI, yang bilang kalau tanggal 27 Maret 2012 akan ada seminar online. Setiap mahasiswa diminta untuk membuat paper dan dikumpulkan maksimal 26 Maret 2012.

Sebenarnya info seminar ini dulu pernah diwacanakan saat pertemuan peserta Fast Track dengan SEAMOLEC di hotel Grand Quality pada 1 Februari lalu (pertemuan dadakan juga, undangan baru datang 31 Januari sore). Tapi info itu cuma dianggap kabar angin karena cuma dibilangin rencana akan ada seminar di tanggal 20-an Maret, dan selanjutnya tidak ada kabar atau himbauan apapun.

Saya sendiri lalu membuat countdown seminar itu yang saya tampilkan di pojok kanan atas laptop saya. Maksudnya biar termotivasi untuk berkarya lebih. Tapi ternyata itu tak cukup manjur untuk mendorong saya membuat paper apalah gitu -.-

Karena info resmi dari jurusan belum ada, kami mahasiswa fast track pun tidak menggubris gossip dari UI itu. Sampai akhirnya, 26 Maret 2012, jam 11.07, hadirlah suatu email, yang mengundang latihan seminar di hari Senin jam 13.00 dan seminar online sebenarnya di hari Selasa. Tidak ada keterangan tanggalnya =)) Setiap jurusan diharapkan untuk mengirimkan dua wakilnya presentasi.

Gemparlah kami. #lebay. Karena saya ada presentasi di kuliah, saya tidak mencoba datang ke tempat latihan seminar. Dan ternyata latihan seminar itu memang di hari itu juga, 26 Maret 2012. Tau-tau sudah ada jadwal presentasinya. Teknik Elektro dapat dua slot presentator.

Oh, My! Dari pihak jurusan pun tidak ada yang mengkoordinasi kami untuk memilih siapa yang akan maju presentasi. Daripada nanti geje di hari H, Senin malam itu saya buat kesepakatan sepihak di group facebook Fast Track JTETI bahwa yang maju presentasi adalah yang dalam waktu dekat akan maju pendadaran =)) Mereka tidak mengiyakan, namun tidak men-tidak-kan.

27 Maret 2012, jam 09.00, saya masih di rumah 😛 Masih lemes karna nervous habis phone interview jam 7-nya #ngeles. Saya sms Azka, menanyakan bagaimana kabar di sana. Katanya, presentator pertama JTETI, Yohan, sudah ada dan siap. Sedangkan presentator kedua belum ada. “Kamu yang presentasi, Yus. Nanung ga ada. Kamu kesini ya,” kira-kira gitu deh jawaban Azka. Saya bales, “Kalo gitu aku ga jadi berangkat deh -.-”

Jam 10 lebih saya ke kampus, mau masuk kuliah aja. Eh, ketemu sama Risqi dan Azka di parkiran. “Lho kok kalian di sini?” Awalnya mereka gak mau bilang xO Tapi terus mereka kasih tau kalau mereka habis izin kuliah. “Nanung udah ada kok,” kata Azka. “Yaudah deh aku ikut seminar aja xD,” kata saya. Soalnya itu sakjane udah telat kuliah juga 😛 Alhamdulillah Allah telah mempertemukan saya dengan mereka di parkiran, hehe 😀

Sampai di tempat seminar, bayangan saya ruangannya besar karena peserta Fast Track kan ada 100 orang. Ternyata ruangan cukup kecil, dan peserta yang datang sekitar 40-50an lah. Dari 11 orang peserta Fast Track di jurusan saya, yang datang hanya 7 orang. Lainnya mungkin mboikot karena undangan yang sangat amat mendadak itu =))

Seminar cukup lancar meskipun waktunya molor banyak. Kalau kata teman-teman saya yang mencoba nonton streaming dari situsnya SEAMOLEC, koneksinya lemot, jadi gak bisa nonton presentasi dari universitas lain.

seminar online fast track
Rekan saya, Yohan Fajar Sidik, sebagai presentator, dan Risqi Utama, sebagai moderator. Foto dari: Azkario

Saya meninggalkan tempat jam 12.30, untuk ngajar Olimpiade Komputer di MAN 1 Yogyakarta. Ini sebagai salah satu kegiatan Intellectual Social Responsibility (ISR) yang diwajibkan bagi peserta Fast Track, sebagai syarat turunnya dana penelitian untuk thesis S2.

Jam 15.30 saya kembali lagi, dan ternyata teman-teman saya sejurusan sudah pada pergi semua -.- Yang tersisa tinggal mahasiswa dari jurusan yang sedang atau belum presentasi. Untung ada Nca, mahasiswi Teknik Industri, teman SMA saya, yang masih betah juga jadi peserta 🙂

Dari Nca, saya mendapatkan kabar bahwa seminar di UGM ini, pesertanya paling banyak daripada universitas lainnya. Pihak pengurus sempat pesimis dengan acara ini karena memang mendadak sekali, tapi ternyata presentator dan peserta seminar malah paling banyak =))

Batin saya, kalau peserta dibilangin info seperti itu, jangan-jangan bulan depan malah pada ga dateng xP

Lalu Nca pulang dan saya geje sendiri sampai acara selesai. Di akhir acara, ada foto-foto. Dan saya dengan pedenya ikut foto di tengah lautan mahasiswa Teknik Sipil 😛

Seminar Fast Track
Mahasiswa-mahasiswi Teknik Sipil dan seorang mahasiswi Teknik Elektro. Sumber foto: Fajar Setiawan

Nah, semoga seminar online berikutnya kita semua sudah lebih siap, baik dari sisi teknologi dan pemateri. Asal undangan pemberitahuannya juga jangan mendadak lagi =))

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

1 thought on “Seminar Online Fast Track UGM”

Ada komentar?

