Evaluasi Tengah Semester, Fast Track JTETI UGM

Sore tadi, saya berada di sarang penyamun, tepatnya di salah satu ruang Lab Teknik Tenaga Listrik, JTETI UGM. Saya beserta sembilan mahasiswa Fast Track JTETI lainnya diwawancara oleh Pak Eka Firmansyah, dosen JTETI yang juga merupakan pengelola Fast Track Teknik, terkait beberapa hal. Berikut cuplikannya:

1. Mahasiswa Fast Track menjadi ujung tombak jurusan dalam melakukan internasionalisasi S2. Diharapkan mahasiswa bisa keluar negeri membawa nama S2 JTETI, misal dengan melalui sandwich program, joint research, atau minimal seminar paper ke luar negeri. Mau keluar negeri gak di semester depan? Maksimal 6 bulan?

Semua mahasiswa menjawab MAU 🙂

2.  Bagaimana jika biaya hidup ditanggung sendiri, yang gratis cuma tuition fee-nya?

Beberapa menjawab keberatan, beberapa bilang pikir-pikir dulu. Tidak ada yang menjawab siap sedia =))

3. Mau langsung lanjut Ph.D setelah selesai S2?

Teman-teman saya yang super menjawab MAU xO Beberapa tidak mau, karena mau kerja dulu, di industri…

4. Kalau ke luar negeri mau ke negara mana? di Universitas apa?

Sebagian besar maunya ke Jepang :O tapi belum menentukan universitas yang spesifik…

Saya sendiri pengen ke Inggris… Cambridge atau Imperial College. Can I? xO

5. Minat studinya apa? Yang paling spesifik?

Jawabannya beragam… Karena saya udah kecebur di cloud computing, mau gak mau harus diniatin. Sementara ini tentang skalabilitas teknologi virtualisasi. Bismillaah… 🙂

6. Bagaimana nilai di S1 dan S2-nya? Masih ada SKS yang kurang?

Alhamdulillah semuanya lancar 🙂

7. Ada hambatan selama program Fast Track ini berlangsung?

Sesi curhat nih =)) Sebagian bilang: no problemo :O

Sebagian yang lain, termasuk saya, agak bermasalah dengan SKRIPSI. Masih harap-harap cemas bisa selesai atau gak, karena skripsi harus dikumpul 1,5 bulan lagi, sedangkan progress baru 10-20%… Di samping karena jadwal pendadaran dimajukan satu bulan, ini juga masalah manajemen waktu saya yang kurang oke T^T

8. Sudah mengajar atau jadi asisten dosen semester ini?

Semua, kecuali saya, belum ngajar… Diusahakan bisa jadi asisten dosen saja karena birokrasi dengan luar mungkin lebih rumit. Tapi sebenarnya pendaftaran asdos sudah ditutup. Jadi sementara coba usaha daftar mengajar ke sekolah dulu…

Sebagai penutup, pokoknya apa aja yang di depan mata, langsung digarap aja, hajar bleh! Jangan takut sama sistematika dsb karena itu malah akan jadi hambatan selama menulis. Nulis aja terus, kalau udah selesai baru dicek pakai ilmu metodologi penelitian 😉

Iklan

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

4 thoughts on “Evaluasi Tengah Semester, Fast Track JTETI UGM”

  1. share aja (entah aku udah pernah cerita ato belum) :

    waktu kemaren jalan2 kesana, dan ketemu PPI yang pada disana, rata2 temen2 kita yang belajar di UK itu kebanyakan karena biaya orang tuanya. malah hampir semua. ada 2 orang yang dapat beasiswa fullbright, tapi jurusannya pendidikan. hampir semua jurusan engineer itu pada biaya sendiri.
    tapi ada juga kok yus yang dibiayai, ada skitar 3 orang yang tak temui. dan ke semuanya udah pada kerja dulu, trus baru lanjut kuliah. ada juga yang udah jadi pns di kemen perhubungan, trus kuliah arsitektur bandara di newcastle university.

    semangat njus.

    moga sampe ke imperial yaaa….

    Suka

    1. makasih sharingnya 🙂
      kalo tuition fee gratis, kalo dari pihak sana gak ngasih, mungkin mau diusahakan beasiswa dari dalam negeri…
      entahlah, toh itu juga gak kuliah full kok yun, maksimal cuma 6 bulan… jadi peluang beasiswanya mungkin lebih besar (?)

      Suka

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s