Cara Cepat Hafal Al-Qur’an :: Metode Husen

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Kalau ngeliat para hafidz-hafidzah ituu, subhanallaah yaa… keren abiis… :O

Mungkin gak ya, kita bisa seperti mereka?😐 hm….

Kenapa kita perlu menghafal Al-Qur’an?

  1. Al-Qur’an akan memberi syafaat di hari akhir kelak. Jadi, yang kasih syafaat besok gak cuma Rasulullah, tapi Qur’an juga kasih🙂
  2. Kita masuk syurga itu, sesuai tingkat bacaan hafalannya juga lho :O
  3. Kalau kita jadi hafal Al-Qur’an, kita bisa kasih syafaat juga ke orang tua :’) Misal orang tua masuk neraka (na’udzubillaahi min dzaalik – kami berlindung pada Allah swt dari hal tersebut), kita bisa minta siksaan kepada mereka diperingan…
  4. Jika kita hafal Al-Qur’an, insya Allah dunia akan ada di genggaman kita, bukan di hati kita.

Le Tips

  1. Paksa diri berlama-lama dengan Al-Qur’an!
  2. Sediakan waktu khusus untuk hafalan Al-Qur’an. Misal tiap habis tahajud, atau habis Shubuh, atau habis Maghrib, atau tiap di perjalanan pulang/menuju kampus (?)
  3. Banyak menambah aktivitas ibadah kita. Hati yang bersih akan lebih mudah dalam menghafal Al-Qur’an.
  4. Iri dengan orang-orang yang bisa menghafal dengan cepat ToT
  5. Senang dengan tahajud yang panjang…
  6. Banyak mengkhatamkan Al-Qur’an.
  7. Berusaha selalu bersama Al-Qur’an, dimanapun kita berada… dan kudu mengalahkan hawa nafsu!

Untuk tips-tips lainnya, bisa dibaca di blog ini… Ada link ke artikel-artikel lain yang cukup menarik😉

Saya sendiri, sepertinya masih jauh dari menerapkan tips-tips tersebut T.T Bismillaah, yuk mari berusaha bersama-sama^^

Al Husen Method of Qoran Memorising

Menghafal Qur’an dengan metode Husen ini cukup menarik, menyenangkan, dan memudahkan😀 Kita akan menghafal Qur’an dengan menggabungkan kerja otak kanan dan kiri sekaligus. Hafalan Qur’an-nya pakai gambar-gambar dan simbol-simbol yang saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Menghafal Qur'an Metode Husen

Untuk demo-nya, kita coba menghafalkan surat Ar-Rahmaan [55]

Hafal Quran metode Husen Surat Ar-Rahmaan

Sekarang, mari kita coba hafalkan surat Ar-Rahmaan ayat 1-13😀

Hafal Quran metode Hasan surat Ar-Rahmaan 55

Dengan metode ini, insya Allah kita bisa hafal Qur’an sekaligus dengan artinya, karena kita ingat gambarnya^^ Percaya gak percaya, kita juga bisa melafalkan Qur’an dengan urutan mundur, misalnya dari ayat 13, terus ayat 12, 11, 10, dst…

Kalau kita disuruh menyebutkan ayat tentang sesuatu, juga bisa lebih cepat. Misal: Sebutkan ayat yang menerangkan penciptaan manusia! dengan cepat bisa dijawab: ayat ketiga, “khalaqal insaan”🙂

Ketiga gambar di atas diambil dari artikel ini.

Untuk susunan lengkap surat Ar-Rahmaan, saya cuma punya yg hitam putih je:

husen method Ar-Rahmaan

Untuk surat-surat yang lain gimana? Ada panduan gambar untuk surat Al-Waqiah gak?
Silakan membuat gambar stepping stone-nya sendiri, karena dengan menggambar dan mengimajinasikan sendiri insyaAllah hafalannya akan lebih nancep di otak😀
Surat Ar-Rahmaan ini ada gambarnya lengkap sebagai panduan demo metode menghafal saja…

Tersedia stepping stone untuk surat-surat lain di Lintas Sahabat Al-Qur’an, di halaman ini. Silakan ikut berpartisipasi🙂

Terus, kita bisa jadi seorang hafidz/hafidzah kapan? Silakan hitung sendiri disini ya😉

Fastabiqul khairaat! Mari berlomba-lomba dalam kebaikan😀

Author: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

62 thoughts on “Cara Cepat Hafal Al-Qur’an :: Metode Husen”

  1. mantab fayyy (Y)(Y)(Y)
    itu gambarnya ada masternya ngga ya? aku ga pinter nggambar, tar malah ancur lali kabeh hehe😄
    dan setuju sama kau fay, hafalan di perjalanan itu lumayan loh, sambil naik motor gitu daripada bengong😀

    Like

    1. masternya ga ada mbak… cara nggambar stepping stone-nya silakan mengeksplor kreatifitas sendiri2 (okok)
      bener banget mbak, kalo pas di jalan naik motor itu biar gak bengong bisa sambil hafalan juga😀 tapi itu aku kasih tanda (?) soalnya kan naik motor engga rutin😦 dan kalo lagi naik motor ga bisa sambil mbaca Quran apalagi nggambar xP

      Like

      1. mba…apakah mba sudah pernah mampir ke web lintassahabatquran ? saya sudah email ke infodownloadLSA@gmail.com untuk memperoleh password stepping stone metode alhusen tapi belum ada balasan. Apakah mba punya no telp/hp admin-nya? Terima Kasih.

        Like

    1. yang paling penting, benarkan dulu pengucapannya, tempat keluar huruf (makhorijul huruf). misal bedakan tsa, sa, sya, sha.
      dengarkan dan simak rekaman surat secara berulang2.
      metode artikel di atas juga bisa dicoba.

      mau cepat hafal? berdoa & kerja keras!🙂
      *note to myself*

      Like

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s