[Solved] Gagal Login GUI-nya Ubuntu 11.10

ubuntu desktop

Ceritanya, saya masih sangat nyubi di dunia per-Ubuntu-an…
Padahal, sedang sangat butuh skill menggunakan Ubuntu, buat nantinya utek-utek Cloud Computing yang platform-nya OpenSource, buat penelitian saya…
Oleh karena itu, saya latihan utek-utek Ubuntu dari situs LinuxCommand ini
Ubuntu yang saya pakai di-install di atas mesin virtual, pakai VirtualBox.

Pada suatu ketika, saya tidak bisa login dari GUI-nya Ubuntu (graphical mode). Saat password dimasukkan, layar menghitam sejenak, muncul barisan kalimat yang tidak sempat terbaca, terus mbalik lagi ke halaman login. Ada apa ini yaa :O

ubuntu desktop
selalu kembali ke tampilan ini terus...

Saya coba masuk lewat recovery mode, ngakses pakai terminal… bisa masuk! Tapi di sini mode read-only :O ternyata itu bisa di-set jadi read-write pakai perintah:

mount -n -o remount,rw /

Solusi pertama yang saya temui adalah cara mengatasi bug yang diakui ada di Ubuntu 10.04. Disarankan untuk  men-disable logo splash screen (yg saya ga tau di Ubuntu 11.10 diaktifkan atau enggak).
1. Masuk ke /etc/default/grub
2. ubah value variabel GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT. Saya buka grub pakai text editor nano.
3. Hm, ternyata default-nya kosong, ga ada value-nya. Saya coba isi “splash” deh 😛
4. Jalankan sudo update-grub agar perubahannya ngefek

Dan, tetap gak bisa masuk 😦 Dihapus lagi value-nya juga tetep ga mau masuk 😦

Solusi selanjutnya adalah dengan mencari jalan login lain, install lightdm atau kdm, pakai perintah sudo apt-get install lightdm atau sudo apt-get install kdm. Ga ngefek juga 😦 Ternyata sepertinya default Ubuntu 11.10 udah pakai lightdm…

Solusi yang disarankan selanjutnya adalah menghapus file .Xauthority dengan perintah:

sudo rm ~/.Xauthority

Perintah itu buat me-remove file .Xauthority yang ada di direktori home…

Dan ternyata itu gak bisa dihapus lewat recovery mode. Jadi masuk terminalnya lewat hotkey Ctrl+Shift+F1 saat di halaman login…

Setelah dihapus, ternyata tetep gak bisa masuk 😦

Solusi yang akhirnya ditemukan dan berhasil menyelesaikan masalah saya adalah: mengubah file .profile ke default. Jadi ceritanya, saat saya utek2 buat latihan LinuxCommand sebelumnya, saya menambahkan beberapa fungsi di file .profile. Ternyata setelah reboot, perubahan file .profile itu bikin gak bisa login lewat GUI, meskipun fungsi yang saya masukkan ga ada hubungannya sama sekali sama lingkungan sistem. Cuma fungsi untuk menampilkan waktu saja loh…

Saya hapus semua fungsi-fungsi yang saya tambahkan itu. Trus di-reboot pakai perintah sudo shutdown -r now

Alhamdulillah, sudah bisa login secara normal 😀

Tolong dikoreksi yaa kalau ada yang salah ketik atau saya kurang tepat memahami-nya. Terima kasih 😀

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

2 thoughts on “[Solved] Gagal Login GUI-nya Ubuntu 11.10”

    1. Cara mengubah file .profile ke default:
      buka file .profile, di sini saya pakai aplikasi nano
      (ketik di terminal: nano .profile)
      cek isinya dengan teks berikut ini:
      # ~/.profile: executed by the command interpreter for login shells.
      # dan seterusnya… (ini cuma komentar saja)

      # if running bash
      if [ -n “$BASH_VERSION” ]; then
      # include .bashrc if it exists
      if [ -f “$HOME/.bashrc” ]; then
      . “$HOME/.bashrc”
      fi
      fi

      # set PATH so it includes user’s private bin if it exists
      if [ -d “$HOME/bin” ] ; then
      PATH=”$HOME/bin:$PATH”
      fi

      Jika ada perintah lain selain itu, sebaiknya dihapus saja.
      please correct me if I’m wrong. thanks 🙂

      Suka

Ada komentar?

