Seminar Online Fast Track UGM #3

seminar online3

Judul acaranya lumayan keren: “3rd Seminar Ilmiah Online Interdisiplin Program Magister Fast Track Sinergi pada tujuh Perguruan Tinggi”

Seminar Online Fast Track adalah kegiatan rutin tiga bulan sekali yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC. Salah satu tujuannya adalah untuk mem-fasilitasi peserta Fast Track dalam mendiskusikan penelitiannya dengan mahasiswa lainnya (baik dari teman-teman satu universitas maupun dari universitas lain) sekaligus mempublikasikannya. Setiap peserta Fast Track memiliki kewajiban untuk mempresentasikan penelitiannya sebanyak dua kali (dalam dua tahun).

Seminar online pertama telah berlangsung dengan cukup lancar pada Maret 2012. Seminar kedua, yang berlangsung di bulan Juni 2012, tidak saya ikuti karena lagi riweuh sama skripsi. Seminar ketiga dilaksanakan tanggal 26-27 September kemarin, sedangkan seminar selanjutnya direncanakan untuk diselenggarakan tanggal 26-27 November.

Seperti biasa, pemberitahuan amat mendadak. Email datang tanggal 24 September, sedangkan batas waktu pengumpulan naskah presentasi (ppt) dalam bahasa Inggris juga tanggal 24 September. Miapah? Saya segera menginformasikan seminar ini di grup facebook.

Kata teman saya yang ikut seminar online #2, slide ppt dikumpulkan hari H gakpapa. Oke, saya translate deh file presentasi pendadaran saya ke bahasa Inggris.

Undangan jam 8 pagi, tapi saya baru datang sekitar jam 9.30. Ternyata seminarnya belum mulai 😐 Bapak-bapaknya masih berjibaku dengan masalah teknis. Kasihan teman saya yang sudah datang dari jam 8. Dan lagi, baru ada tiga presentator yang mendaftar, empat termasuk saya. Padahal, di jadwalnya, satu presentator cuma dapat jatah 15 menit. Padahal, jadwalnya acara ini sampai sore.

Sayang banget sedikit yang datang, padahal bapak-bapak dari Seamolec dan Beasiswa Unggulan (BU) Dinas Pendidikan sudah datang jauh-jauh dari Jakarta, sampai nginep di hotel segala.

Sayang banget sedikit yang datang, padahal sudah disiapkan internet dengan koneksi dewa.

Sayang banget sedikit yang datang, padahal sudah disiapkan snack Parsley enak.

Berkatalah beliau wakil dari BU, “Dulu pas interview sudah ada komitmen kan untuk melaksanakan setiap acara Fast Track, termasuk seminar ini?”

“Eng… Dulu kami gak ada wawancara, Pak,” jawab kami.

“Oh, langsung SK gitu ya. Pantes hasilnya parah begini.” *meme-okay*

“Banyak yang gak dapat email, Pak. Saya aja taunya lewat Facebook,” kata salah satu peserta.

Gak semua orang buka email dan facebook tiap hari kan ya?

seminar online3
seminar online #3 dengan BigBlueButton. Presentator: Lusi – Teknik Kimia

Seminar ini dilaksanakan secara paralel dengan universitas-universitas lain yang mengadakan program Fast Track juga. Karena paralel, kita gak bisa deh nonton presentasi universitas lain. Sebenernya jadwalnya gak paralel, tapi karena banyak faktor, cuma pakai 1 ruangan, jadinya gitu deh…

jadwal seminar ft
jadwal seminar fast track yang tak terselenggara…

Sempet disuruh presentasi pake bahasa Inggris. Miapah? Kalo dadakan gini saya belum siap lah. Akhirnya ngeyel presentasi pakai bahasa Indonesia. Padahal ternyata dari univ lain pada pake bahasa Inggris 😛

Sempet ada universitas lain yang nonton presentasi dari UGM loh. Kalau gak salah Unibraw. Terus pas sesi tanya jawab, moderator tanya deh, ada pertanyaan dari Unibraw?

Eh, ternyata yang nonton dari kluster Sosial. *facepalm* Mana paham sama presentasi tentang kimia semacam reaksi fenton dan hidroksida/peroksida. Saya aja disitu cuma bisa melongo ngeliatin rumus-rumus reaksi kimia di depan mata 😦

Hari pertama seminar online #3 berakhir agak miris. Hanya ada 4 presentator: 1 Teknik Kimia, 1 Teknik Sipil, dan 2 Teknologi Informasi. Selesai jam 12.00, padahal di jadwal sampai jam 15.30.

Hari kedua seminar online #3 lebih miris lagi. Sepertinya hanya ada 3 presentator, semuanya dari Teknik Elektro. Selesai jam 11.

*sigh*

Semoga seminar online #4 jauuuuuhhh lebih baik dari seminar-seminar selanjutnya. Dan kita juga bisa nonton presentasi universitas lain. Semoga. Aamiin.

 

Iklan

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s