Mengukur Isolasi Kinerja dari Sistem Virtual dengan Enam Pengujian

[Review] Quantifying the Performance Isolation Properties of Virtualization Systems
Jeanna Neefe Matthews, Wenjin Hu, Madhujith Hapuarachchi, Todd Deshane, Demetrios Dimatos, Gary Hamilton, Michael McCabe, James Owens
Clarkson University
ExpCS’07, 13–14 June, 2007, San Diego, CA.
Copyright 2007 ACM 978-1-59593-751-3…$5.00.

Salah satu aspek penting dari virtualisasi adalah isolasi kinerja. Seperti apa lingkungan virtual melindungi/mengisolasi suatu mesin virtual terhadap mesin virtual lainnya? Hal ini penting untuk diketahui (terutama di cloud komersil yang menjanjikan SLA – service level agreement) agar kita tidak salah memilih teknologi virtualisasi yang akan kita gunakan, yang sesuai dengan rencana penggunaan mesin virtual tersebut.

Saya pernah mem-post artikel tentang cara mengukur isolasi kinerja yang saya lakukan untuk skripsi saya. Ternyata, ada cara-cara lain untuk mengukur isolasi kinerja suatu sistem virtual. Salah satunya dipaparkan oleh paper ini…

Paper ini mendesain benchmark isolasi kinerja untuk menguji tiga jenis lingkungan virtual, yaitu: satu contoh full virtualization (VMWare Workstation), satu contoh paravirtualization (Xen), dan dua contoh virtualisasi level sistem operasi (Solaris Containers dan OpenVZ).

Enam macam pembebanan digunakan, yaitu: uji intensif CPU, uji intensif memori, uji intensif cakram, dua pengujian intensif jaringan (kirim & terima), dan fork bomb. Mesin virtual yang digunakan adalah web server, yang berada pada mesin fisik yang sama. Source code dan instruksi cara compile dan run enam pengujian tersebut ada di http://www.clarkson.edu/class/cs644/isolation/.

Benchmark web menggunakan SPECweb 2005 dengan Apache web server pada tiap mesin virtual.  Sebelum pengujian, dilakukan benchmark awal, untuk mengetahui angka dasar/normalnya (baseline data).

Enam macam pembebanan yang dilakukan adalah:

Enam macam pembebanan mesin
Enam macam pembebanan mesin

Cara pengujiannya: web server dinyalakan di empat mesin virtual (seperti pengujian baseline), lalu pembebanan dilakukan pada salah satu mesin virtual. Mesin virtual yang diberi beban disebut misbehaving/bad VM. Sedangkan mesin virtual yang tidak diberi stress disebut well-behaved/good VM.

Nanti hasilnya akan terlihat, apakah well-behaved VM akan terpengaruh kerjanya karena pembebanan di mesin virtual lainnya? Kalau isolasi/proteksinya bagus, harusnya well-behaved VM itu performanya akan tetap 100% dibandingkan dengan baseline data, ga ada degradasi kinerjanya 😀

VMware Workstation melindungi well-behaved VM secara sempurna. Performa-nya tidak terpengaruh oleh pembebanan di VM lain.

Xen juga melindungi well-behaved VM dengan cukup baik. Degradasi paling jelek adalah 1,67%.

Pengujian OpenVZ menunjukkan hasil yang beragam. Ada isolasi yang sempurna di level memori dan CPU. Namun, ada pengujian-pengujian lain yang degradasinya sama dengan pengujian di misbehaved VM.

Pada pengujian Solaris, dilakukan dua macam pengujian. Pertama, dengan instalasi tanpa opsi resource control yang ditambahkan. Kedua, dengan penambahan resource control, tergantung sumber daya yang diuji. Tanpa resource control, pembebanan memori dan fork bomb membuat well-behaved VM jadi unresponding sehingga data degradasi tidak bisa didapatkan. Dengan resource control, degradasi performa dapat diukur, yaitu sekitar 0.05%.

Hasil pengujian lengkapnya bisa dilihat di papernya langsung: http://people.clarkson.edu/~jnm/publications/isolation_ExpCS_FINALSUBMISSION.pdf

Iklan

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

1 thought on “Mengukur Isolasi Kinerja dari Sistem Virtual dengan Enam Pengujian”

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s