Analisis Keberhasilan Hashtag #LustrumXITeladan xD

16 Desember 2012. Hari ulang tahun SMA Negeri 1 Yogyakarta, almamater saya.

Di hari itu, bertebaran hashtag #LustrumXITeladan di linimasa Twitter, bahkan hashtag tersebut sempat masuk Trending Topic Indonesia (TTI) 3x.

Trending Topic Indonesia #516 Desember 2012, sekitar jam 11.00
Trending Topic Indonesia #5
16 Desember 2012, sekitar jam 11.00
Trending Topic Indonesia #216 Desember 2012, sekitar jam 23.00
Trending Topic Indonesia #2
16 Desember 2012, sekitar jam 23.00

Topik #LustrumXITeladan ini semakin gayeng karena adanya “upacara bendera” di situs satuteladan.net. Misinya adalah mengerek bendera sekolah dengan cara posting tweet dengan hashtag #LustrumXITeladan. Bendera bakal sampai puncak tiang kalau tweet #LustrumXITeladan mencapaiย 19570.

Jam 13.00, bendera masih setengah tiang
Jam 13.00, bendera masih setengah tiang. @nmonarizqa

Ya, butuh SEMBILAN BELAS RIBU LIMA RATUS TUJUH PULUH tweets.

1957 adalah tahun ditetapkannya SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta.

Jam 5 sore, masih kurang sekitar 7500 tweets
Jam 5 sore, masih kurang sekitar 7500 tweets. @nmonarizqa

Banyak yang tidak percaya bahwa bendera bisa sampai puncak dalam satu hari saja. Qodarullah, berkat perjuangan teman-teman juga, tweets #LustrumXITeladan bisa mencapai 20.000 lebih :’)

Akhirnya sampai puncak, di jam 22.43 :')
Akhirnya sampai puncak, di jam 22.43 :’) @ridwanadit

Ide dan realisasi bendera virtual ini datang dariย mas @yohang88. Keren banget deh xD

Grafik tweet #LustrumXITeladan mengalami pasang surut. Sayangnya di menit-menit terakhir tanggal 16 Desember 2012, lupa generate grafiknya. Udah ngantuk soalnya ๐Ÿ˜›

#LustrumXITeladan dari pagi sampai siang
#LustrumXITeladan dari pagi sampai siang

Itu jamnya gak tau deh pakai format apa. Yang paling tinggi itu, sekitar jam 10-11 siang. Habis itu grafik turun teratur. Jam 13-14 itu pas akun @satuteladan kena overtweet, jadi agak sepi deh.

Kemudian beberapa hari yang lalu, kakak pembimbing saya saat Kerja Praktek di Telkom dulu, Kak Abdul Azis, bertanya ke saya via Gtalk:

“Kebetulan aku menginspirasi adek-adek yang lagi getol n bersemangat mengelola #BBN atau #BaktiBagiNegeri webย http://baktibaginegeri.org. Organisasi ini dikelola pengurus serikat karyawan Telkom bukan oleh perusahaan Telkom untuk membantu penyediaan buku bagi desa terpncil dan “terbelakang”. Tapi sy harus lihat kekuatan n kelemahan adek-adek #BBN, bisa atau nggak, tapi sepintas sih agak berat u angkat menjadi TT.

Aku mau tahu bagaimana sih adek merancang atau mendesain sehingga bisa berhasil u mengangkat bendera #LustrumIXTeladan atau SMA Teladan.

Pertanyaannya simple 5W + 1H. 1) What sebaiknya kata kunci yang disasar apa, 2) When, kapan harus dilakukan penyebaran TL atau info, pasti sih range waktu ga banyak 3) Who, Siapa saja yang seharusnya terlibat n berapa banyak orang yang terlibat, 4) Why, Mengapa 5) Where, dimana media yang perlu disasar dan terakhir 6) How, Bagaimana cara do it-nya (riil pelaksanaan).”

Hmmmm….. akhirnya saya jawab kira-kira begini: ๐Ÿ™‚

Kata kunci yang disasar?

Kuncinya menarik, Kak. Atraktif. Yang membuat orang-orang pingin nge-tweet tentang itu juga. Hashtag #BaktiBagiNegeri menurut saya cukup baik.

Sesuatu yg membuat orang tertantang bisa bikin orang-orang semakin semangat dalam memperjuangkannya. Dalam kasus kemarin, para siswa & alumni @satuteladan tertantang untuk menaikkan bendera di satuteladan.net dalam 1 hari.

Jadi, jika misi untuk memasukkan suatu hashtag dalam TT dipadukan dengan game akan membuat orang2 semakin bersemangat ๐Ÿ™‚

Kapan waktu yang tepat?

Di hari libur/jam-jam relaksasi. Misalnya Sabtu-Ahad, atau jam 8-10 malam.

Pilih moment yang pas. Tgl 16 Desember itu pas ulang tahun sekolah, sehingga proyek naikkan bendera dilakukan di tanggal tersebut.

Siapa yang terlibat?

Sebaiknya ada akun twitter yang menjadi semacam koordinator untuk menggerakkan followers-nya. Sebaiknya akun ini punya followers banyak.ย Apalagi jika yg nge-twit adalah selebritis atau suatu tokoh tertentu, pasti para fans setia-nya akan dengan senang hati berjuang agar hashtag tersebut bisa masuk ke trending topic.

Dari pengalaman saya kemarin, ada akun koordinator @satuteladan yg ngompor2in followers-nya untuk nge-twit di jam tertentu. Tentu, akun ini sudah punya ribuan followers.

Mengapa #LustrumXITeladan?

Tujuannya sebenarnya hanyalah untuk meramaikan Lustrum XI di sekolah.

Banyak alumni yang sudah terpencar ke berbagai wilayah di dunia dan kami memanfaatkan teknologi agar semua alumni bisa merasakan euforia ulang tahun sekolah. Tweets yang diposting oleh para alumni, terutama yg sudah sukses, bisa memotivasi siswa dan para alumni lain agar jadi orang sukses juga.

Hashtag ini ternyata juga bisa merangkul alumni dan siswa yg sebelumnya tidak saling kenal menjadi satu kesatuan, jadi lebih kompak.

Hashtag ini ternyata juga cukup efektif dalam menyebarkan informasi kegiatan2 sekolah ke para alumni, begitu pula sebaliknya.

Mengapa pakai bendera? Karena dalam game orang2 biasanya tertantang untuk menyelesaikan misi2nya ๐Ÿ˜€

Di mana medianya?

Media utama yg digunakan adalah di twitter. Media permainan di satuteladan.net. Informasi ke teman-teman di facebook, terutama lewat fanpage facebook.com/satuteladan.

Di dalam keluarga @satuteladan terdapat banyak komunitas yg ikut membantu menyemarakkan hashtag ini. Ada yg berbasis angkatan sekolah (@Teladan 2007, @Teladan2008, @Teladan2009, @Teladan2010, @teladan11, @teladan12, @teladan13, @teladan14, @teladan15). Ada yg berbasis ekstrakurikuler (@tweetSIGMA, @TldnScienceClub, @NilaPangkaja, dsb). Dengan demikian penyebaran informasi menjadi lebih massive.

Penyebaran info nge-tweet berjamaah juga dilakukan melalui broadcast message BB, pengiriman pesan secara personal via WhatsApp, sms, dsb.

Bagaimana caranya?

Hashtag #LustrumXITeladan sempat masuk Trending Topic Indonesia 3x.

Pertama, sekitar jam 10an pagi. Beberapa jam sebelumnya, beberapa kali akun @satuteladan mengajak para followers untuk nge-twit berjamaah pada jam 10.

Kedua, sekitar jam 10an malam. Frekuensi tweet meningkat karena sedikit lagi (tinggal butuh 1000-2000 tweets) bendera bisa sampai puncak sehingga para pendukung hashtag ini semakin bersemangat.

Ketiga, sekitar jam 11an malam. Saat bendera sudah mencapai puncak. Para pendukung hashtag ini sangat berbahagia karena berhasil mengerek bendera dengan sukses. Euforia terharu membuat mereka mengekspresikan kebahagiaan mereka dengan nge-tweet pakai hashtag #LustrumXITeladan. Frekuensi tweets kembali meningkat –> masuk TTI lagi.

Admin @satuteladan itu di tanggal 16 Desember seharian natap monitor. Harus ada yg berdedikasi menjadi admin karena respons yang cepat dalam menjawab mention dan me-retweet twits menarik juga cukup memengaruhi semangat para pejuang hashtag ini.

Faktor kecil yang juga memengaruhi banyaknya tweets #LustrumXITeladan adalah adanya beberapa orang yang nadzar sesuatu jika bendera #LustrumXITeladan tidak mencapai puncak. Misalnya:

“Gak mungkin banget benderanya bisa sampai puncak. Kalau hari ini #LustrumXITeladan tidak mencapai 19570 tweets, saya nadzar tidak main game komputer sampai tahun depan.”

Ini membuat teman-temannya tertantang untuk membuktikan ketidakpercayaan temannya itu, dan biar orang itu merasakan akibat dari ketidakpercayaannya hehehe.

Kesimpulan

Ada beberapa kunci dalam proyek #LustrumXITeladan ini:

  • Proses yang menarik & menantang.
  • Moment yg pas.
  • Komunitas yg solid, massive, dan loyal.
  • Ngajak ngetwit berkali2 sebelum waktu yg ditentukan, di berbagai media komunikasi.
  • Admin yg berdedikasi.

Wallaahu a’lam bish showab

Ada yang mau menambahi? ๐Ÿ˜‰

Semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

Iklan

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

2 thoughts on “Analisis Keberhasilan Hashtag #LustrumXITeladan xD”

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s