Wisuda Khotmil Qur’an SDIT Luqman Al Hakim Angkatan XIII

Wisuda Khotmil Qur'an

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Di Jum’at pagi yang insya Allah berkah dan cerah, saya disuruh jadi tukang foto diajak menemani ibunda ke Gedung Ganesha APMD, Jalan Timoho. Ada Wisuda Khotmil Qur’an, acara wisuda adek saya yang cakep. Bapak saya tidak bisa ikut karena sedang kurang fit. Karena kebetulan pas lagi selo gak inget sama thesis yang ngawe-awe, sekalian pengen nostalgia ketemu ustadz-ustadzah SD saya dulu, ikutlah saya.

Wisuda Khotmil Qur'an
Hazim di pojok kiri bawah :*

Lebih dari 100 siswa-siswi SDIT Luqman Al Hakim diwisuda, dari kelas 4-6 SD. Yang diwisuda yang hafal Qur’an dengan kriteria tertentu. Ada tiga kategori:

  1. Hafal 1 juz (juz 30 saja),
  2. Hafal 1,5 juz (juz 30 dan sebagian juz 29),
  3. Hafal 2-5 juz (juz 30, 29, 28, dan Al-Baqarah).

Acara lengkapnya gak perlu diceritain ya, yang penting prosesi wisudanya aja :3

Sebelum diberi sertifikat wisuda, murid-murid unjuk kebolehan dipanggung: menghafalkan suatu surat bersama-sama dan memberi tahu satu bacaan gharib.

Secara bahasa, gharib itu bahasa Arab yang artinya asing/anehBacaan gharib itu bacaan Qur’an yang spesial, lain dari yang lain, yang cara pembacaannya khusus, tidak sesuai tulisan atau hukum tajwid yang berlaku. Contohnya di surat Yusuf ayat 11 juz 12 nih…

Hazim unyuu yaaa :3 *salah fokus*

Yang paling keren tentu aja yang kategori ketiga. Yang hafal 2-5 juz itu. Gue kalah mameeen! Kalah sama anak kecil yang jarak umurnya 10 tahunan! 😦

Setelah ketiga kelompok itu maju dan diwisuda, sekitar 30-an siswa terpilih maju untuk ngaji surat Al-Ghasyiyah bareng-bareng, terus beberapa siswa dipanggil oleh penonton untuk diuji ilmu tajwid-nya (dikasih pertanyaan dengan nomer acak), sekaligus sosialisasi bacaan gharib lainnya ke bapak-ibu yang hadir. Misalnya ada bacaan Al-Insan (Ad-Dahr) ayat 15-16, terus siswa yang dipanggil maju oleh penonton akan menjelaskan itu cara bacanya bagaimana… Ustadz Zaini juga kasih soal tentang hukum-hukum tajwid di ayat tersebut.

Merenung
Menebak isi hati si nomer urut 1: “semoga aku nggak dipanggil, semoga aku nggak dipanggil…”

Karena masih anak-anak, beberapa ada yang grogi gitu, jadi agak-agak lupa hukum-hukum tajwidnya. Mau jawab “idghom bighunnah” atau “mad aridlissukun” butuh merenung dulu… Atau gak yakin jawabannya bener atau enggak, jadi bisik-bisik dulu ke ustadzah untuk meyakinkan diri… hehe

Setelah itu ada pemberian penghargaan buat wisudawan/ti terbaik. Saya tidak begitu memperhatikan di sesi ini karena adek saya gak dipanggil maju 😛 Kira-kira penghargaannya itu untuk siswa dengan hafalan terbanyak, bacaan tartil terbaik, ujian tajwid terbaik, dan semacamnya. Yang maju sebagian besar perempuan! Memang (anak) perempuan itu lebih rajin sih. Semoga mereka kelak menjadi hafidz-hafidzah dan ibu-bapak dari para hafidz-hafidzah, aamiin! 😀

[OOT dikit]. Air mineral yang dibagikan di acara ini spesial lho!

"...ditambahkan bacaan Al-Qur'an menjadikan air Kh-Q penuh berkah pada tiap tetesnya."
“…ditambahkan bacaan Al-Qur’an menjadikan air Kh-Q penuh berkah pada tiap tetesnya.”

Kata ustadz yang jadi MC, airnya dibacain Qur’an dulu sampai khatam, baru dilepas ke pasaran. Wow! Memang sih, ada penelitian yang membuktikan bahwa kalimat yang dibacakan/ditempelkan ke air akan memengaruhi bentuk partikel air tersebut (coba deh baca buku The Miracle of Water, yang nulis profesor asal Jepang). Semoga airnya jadi benar-benar berkah deh!

Akhir kata, event ini harus jadi tamparan buat saya biar gak kalah semangat hafalannya sama adek-adek unyu itu. Biar istiqomah nambah hafalan (^v^)9 Siapa siih yang gak pengen kasih mahkota buat orang tua di surga nantii? Aw aw aw :3

Semangat menghafal juga ya, kamu! 😉

Alhamdulillaah, Hazim diwisuda di kategori nanggung, hafal 1,5 juz :D
Alhamdulillaah, Hazim diwisuda di kategori nanggung, hafal 1,5 juz 😀
Iklan

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

3 thoughts on “Wisuda Khotmil Qur’an SDIT Luqman Al Hakim Angkatan XIII”

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s