Day 34 – Aktivitas Selain Riset & Kuliah

Dulu, saya mengira bahwa saya akhirnya bisa fokus untuk belajar & riset saja di Taiwan. Dalam bayangan saya dulu, migrasi ke Taiwan akan me-restart saya dari seorang Fayruz yang sering kelayapan, geje, & jarang nyentuh risetnya, menjadi seorang  full time researcher. Hidup saya akan selalu berkutat dengan paper, konsep, teori, eksperimen, dan sebagainya.

Namun ternyata oh ternyata, mengubah karakter diri dan pola hidup tak semudah membalik telapak tangan. Banyak sekali godaan untuk ikut acara di sana-sini… hahahay! xD Sebut saja, ada IMCE, SPARTA, Saman, Mandarin Class, ICE, Pemilu, sampai belum hilangnya sifat ketagihan dorama gegara turah bandwidth internet =.= 

IMCE 2013

International Muslim Culture Exhibition 2013

IMCE 2013 cover FB

Event ini diadakan oleh NTUST-IMSA (International Muslim Student Association) untuk mengenalkan budaya Muslim kepada masyarakat Taiwan. Tahun ini, IMCE 2013 Insya Allah akan diadakan di awal November dan mengangkat tema “Halal Food Journey”.

Tema kali ini saya rasa penting banget karena begitu merajalelanya babi di sini, mulai dari yang terlihat (berbentuk daging), sampai yang tak terlihat (di emulsifier, penyedap rasa, mentega, dsb), bikin Muslim kudu ekstra hati-hati dalam memilih makanan. Makanan di sini juga kadang dicampur jiu (alkohol), jadi misal mau makan seafood pun belum tentu aman…

Semoga dengan adanya pameran ini, baik Muslim maupun non-Muslim, menjadi lebih paham akan konsep makanan halal 😀

Di IMCE 2013 ini, saya gabung jadi staff Departemen Media. Tugasnya ndesain nametag, souvenir, dan sebagainya. Sebenernya saya jarang pakai Photoshop atau Corel, jadi saya masih harus banyak-banyak belajar di sini :3

Salah satu dokumentasi IMCE 2012 (tahun lalu):

SPARTA

SPARTA 2013

Pertandingan olah raga dan seni mahasiswa Indonesia NTUST antarangkatan.

Karena saya jarang olah raga (==;) saya gabung jadi supporter dan bagian seni saja. Tapi, jadi supporter itu ga cuma dateng dan teriak-teriak plus keplok-keplok doang. Preparasi tetap harus matang. Saya gabung “tim belanja” yang tugasnya menyiapkan properti supporters: menyiapkan botol-botol untuk saling dipukulkan (ben gayeng), bikin pom-pom, ikat kepala, dan semacam kertas besar yang berisi dukungan untuk pemain.

Di pertandingan seni, karena saya lebih suka jadi orang di balik layar, saya bantu menyempurnakan naskah drama dan persiapannya. Meski gak ada pengalaman di bidang teater, semoga nanti pentasnya memuaskan dan bermakna yaa! x)

Saman Dance

Uhuuy! Fayruz nari?? Mesthi do ra percoyo :v

Keinginan belajar Tari Saman sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi saya tidak mencari-cari kesempatan untuk mempelajarinya. Cuma pengen aja. Apalagi kalau pas lihat temen-temen yang lagi di luar negeri terus perform Saman, uuu rasanya sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Sempat galau mau gabung atau enggak, karena pemain wanitanya udah banyak banget dari mahasiswa baru. Lagipula niatnya cuma mau belajar gerakannya aja, bukan untuk tampil, sekaligus melatih kemampuan motorik yang jarang diasah gara-gara kebanyakan ngedon di depan laptop u,u

Akhirnya gabung juga, meski telat banget di pertemuan perdana gegara galau itu :v

Semoga bermanfaat deh latihannya ^^

Mandarin Class

Saya pernah cerita di salah satu post bahwa saya gabung kelas Mandarin yang diadakan NTUST.

Ternyata, di Taipei ada kelas Mandarin lain yang gratis juga, di Chinese Cultural University (CCU). Dua jam kelas conversation, dua jam kelas baca-tulis karakter Mandarin yang jumlahnya ribuan itu…

Saya baru ikut sekali pertemuan, dan kayaknya seru ini kelasnya, pengen ikut terus. Masalahnya, kelas diadakan di hari Ahad siang-maghrib, yang mana hari Ahad itu biasanya banyak aktivitas lain yang lebih menggoda :v semoga bisa istiqamah deh :3

Fun Learning, tapi di-push juga...
Fun Learning, tapi di-push juga…

ICE 2014

Indonesian Cultural Exhibition — NTUST-ISA

Pameran untuk mengenalkan budaya Indonesia ke masyarakat Taiwan, berupa booths dan night performance. ICE 2014 rencananya akan diadakan bulan Maret 2014.

Saat ini, persiapannya baru sampai ke pemilihan ketua dan pengurus. Dan saya belum jadi apa-apa, paling banter mungkin jadi staff apaa gitu. Yang wow itu, ICE tiga tahun berturut-turut (2012-2013-2014), ketuanya adalah mahasiswa Dual Degree :v

Dari cerita-cerita para senior, job ke depan sangat memungkinkan untuk dapat dobel, atau bahkan tripel, karena kurangnya SDM. Misalnya, jadi koordinator divisi X, sekaligus perform tarian A dan tarian B. Mantep banget ga tuh :O

Pemilu 2014

#eaaaaa

Ada sekitar 300.000 WNI di Taiwan yang memiliki hak pilih dalam Pemilu 2014 mendatang. Dan sebagian besar mungkin tidak terlalu peduli dengan Pemilu, bahkan tidak tahu bagaimana caranya mencoblos dalam Pemilu. Pun kalau seseorang sudah ada keinginan untuk ikut andil dalam pesta rakyat ini, kemungkinan belum begitu mengenal calon-calon yang akan dipilih.

Di sini, ada misi untuk memperkenalkan calon terntentu dari partai tertentu. Insya Allaah beliau layak untuk mengemban amanah menjadi wakil rakyat, terutama di bagian Luar Negeri.

Kalau mau tahu bagaimana riwayat hidup semua calon-calon wakil rakyat, bisa dikepo di sini.

Nonton Dorama…?

Karena ada FTP NTUST-ISA yang katanya kalau donlot dari situ gak bakal nyedot jatah bandwidth harian di kamar, pertahanan saya untuk tidak menonton dorama pun jebol. Padahal udah sengaja ninggal file-file dorama di rumah -,-

Alasannya sih biasanya nonton sambil makan, daripada makan sambil ndomblong gitu. Tapi njuk kadang keterusan =.= Semoga bisa kelola waktu nonton dengan baik :3 (padune ra gelem nyetop nonton :p)

———————————————————————————-

Dan sepertinya masih ada beberapa aktivitas lain yang memang belum mulai untuk dipersiapkan, misalnya AISCT yang organized by FORMMIT.

Dulu sebelum berangkat, waktu Nca (mahasiswi Dual Degree NTUST, Teknik Industri, tapi udah selesai) sharing tentang kegiatan dia yang macem-macem juga, saya sempat tidak percaya. Kok bisa lhoo, kuliah banyak, dituntut riset thesis 9 bulan selesai, tapi tetep ikut kegiatan ini-itu. Tapi nyatanya, sekarang saya sedang merasakannya :v

Jadi, sebenernya aktivitas-aktivitas itu penting(?) sih. Bagi diri sendiri, untuk mengasah soft skill & manajemen waktu. Bagi orang lain juga Insya Allaah bermanfaat(?), sesuai dengan tujuan acaranya.

Masalahnya, saya ini procrastinator tipe cleaner(?) atau the list-maker(?), atau malah the sidetracker(?).

procrastinator

Dengan demikian, nasib riset saya saat ini…….setelah sebulan di Taiwan….. m e n y e d i h k a n…… 😦

Oke, jadi selain sebagai media informasi tentang berbagai aktivitas mahasiswa yang tersedia di Taiwan, blog post ini dibuat untuk mengevaluasi dan menyadarkan diri saya sendiri bahwa porsi aktivitas yang (menurut saya) senang-senang sudah jauh lebih besar dari porsi kegiatan wajib saya sebagai seorang researcher. Dan saya harus melirik lebih banyak ke penelitian saya. Harus!

Please stay on the right track and graduate quickly, dear Fayruz :*

Apakah kegiatan saya overload?

“Allah tidak membebani seseorang kecuali dengan kesanggupannya.” (Q.S. Al-Baqarah[2]:286)

Yeah, saya pasti bisa melewati ini dengan baik! *sugesti positif*

Bismillaahirrahmaanirrahiim… 🙂

Iklan

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

5 thoughts on “Day 34 – Aktivitas Selain Riset & Kuliah”

  1. pindah lokasi baru dengan kawan baru memang kesempatan untuk merubah imej diri yang paling baik… hahaha… kadang-kadang keterusan meski udah balik

    Suka

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s