Day 80 – Silaturahim ke Masjid At Taqwa, Dayuan, Taoyuan

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Hari Jumat kemarin, 22 November 2013, saya mendapat kesempatan untuk berkunjung ke salah satu dari 7 masjid-masjid di Taiwan, yaitu Masjid At Taqwa di Dayuan, Taoyuan.

Bareng Andri & Haryo, kami berangkat naik bus dari Taipei Main Station, tepatnya Taipei West Bus Station Terminal A (gate Z3), sekitar jam 10.45.

Harga tiket = 90 NT$

Sampai di Dayuan jam 12.15-an. Cukup lama, karena busnya muter2 dulu di dalam kota Taipei & Taoyuan. Kalau naik bus yang dari Taipei langsung ke Taoyuan Airport katanya sih bisa lebih cepat, bisa kurang dari 1 jam.

Dari halte Dayuan, rencananya kami akan naik taksi. Tetapi, dari berbagai taksi yang lewat, tak satu pun taksi yang kosong ataupun mau menghantar kami ke Masjid (kayaknya pak supir mau leyeh2 dulu -__-). Ada juga taksi-taksi yang berbaik hati menghampiri kami meski sudah ada penumpangnya, tapi dia tidak tau alamat yang kami tunjukkan (alamat tulisan Mandarin yang di-print). “Wo bu zhi dao,” katanya.

20131122_123211
cari taksi sembari menikmati pemandangan pesawat2 yang lewat. soalnya deket Taoyuan Intl Airport

Sudah lewat jam setengah 1. Akhirnya bapak2 pengantar barang, yang truknya di sebelah kami sedari tadi, menyapa kami dalam bahasa Inggris. Lalu kami tunjukkan alamatnya. Lalu beliau mencoret dua buah karakter Mandarin dan menggantinya dengan karakter yang benar. Pantesan… -___-

Lalu akhirnya ada taksi kosong yang menghampiri kami dan bersedia mengantar :’D

Biaya taksi : 100 NT$. share 3 orang.

Sampailah kami di Masjid At Taqwa~. Apa sih yang bikin masjid ini lain dari yang lain?

20131122_125124

Lihat bendera-benderanya? 😀

Dari berbagai info yang saya dengar — jadi, belum tentu valid lho ini infonya! x) –pembangunan masjid ini digagas oleh pasangan suami-istri Indonesia-Taiwan, Pak Hasan dan Bu Hasanah. Mereka punya toko kelontong/warteg di area situ. Kebetulan tanah sebelahnya kosong. Awalnya hanya ingin membangun mushala. Modal awal sekitar 100 juta rupiah. Berkat dukungan berbagai pihak, jadilah masjid 3 lantai dengan biaya sekitar 3 milyar rupiah :O

Namun oh namun, statusnya masih hutang ke pemborongnya. Katanya sih, kebetulan pemborongnya Muslim, jadi mau bantu bangun masjid 3 lantai meskipun duit yang dimiliki belum mencukupi. Biayanya ditalangi dulu oleh pemborong itu…

lantai satu
lantai satu – ruang ibadah pria
lantai 2 - ruang ibadah wanita
lantai 3 – ruang kelas
ba'da shalat Jumat
ba’da shalat Jumat
Warung Bu Hasanah. Laris. Banyak TKI di daerah ini, sekitar 300 orang.
Suasana di sekitar masjid

Yang spesial di hari Jumat ini, ada shooting film! Jadi, ada stasiun televisi nasional Taiwan yang tertarik untuk membuat film dokumenter mengenai perjuangan hidup Bu Hasanah ini… wow! 😀

proses shooting film dokumenter

Setelah puas bercengkrama, makan siang gratis, ngobrol-ngobrol dengan bapak-bapak & ibu-ibu di sini, dan beli bakso :p (70 NT$), kami akhirnya pulang sekitar jam 3 sore. Pak Zul berbaik hati mengantarkan kami dari masjid ke stasiun HSR dengan sedan beliau :’D

Kami pulang naik HSR biar lebih cepat sampai. Ini adalah pertama kalinya saya naik High Speed Rail (HSR) xD

Stasiun HSR, Taoyuan

Harga tiket 175 NT$. Perjalanan jauuh lebih cepat, hanya 20 menit, dengan presisi ketepatan jadwal 100% (berangkat jam 15:16, sampai jam 15:36). Kecepatan rata-rata sekitar 275 km/jam. Kursi duduknya nyaman, sehingga ga berasa kalau lagi ngebut banget 😀

1425329_585075524893697_1697144946_o

HSR tampak dalam

Begitulah kisah saya. Dengan ini, masjid di Taiwan yang belum saya kunjungi tinggal dua: masjid di Tainan dan masjid di Taichung.

Semoga bisa segera bertemu ❤

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

1 thought on “Day 80 – Silaturahim ke Masjid At Taqwa, Dayuan, Taoyuan”