[Resume] Optimized Path Registration with Prefix Delegation in Nested Mobile Networks

Hyemee Park, Tae-Jin Lee, and Hyunseung Choo
 School of Information and Communication Engineering, Sungkyunkwan University
 2005

Salah satu metode optimasi rute Nested NEtwork MObility (NEMO) untuk menghindari Pinball Routing adalah dengan melakukan delegasi prefix. Salah satu skemanya adalah Optimal Path Registration (OPR).

NEMO-prefixdelegation

Salah satu kelemahan dari optimasi dengan metode Prefix Delegation sebelumnya adalah jika root Mobile Router (MR) mengubah titik keterikatan (point of attachment) pada internet, setiap MR dan Mobile Network Node (MNN) yang berada di bawahnya perlu mengganti Care-of-Address (CoA) dan Delegated Prefix (DP)-nya. Hal ini membuat Binding Update (BU) akan memenuhi path yang menuju Home Agent (HA) dan Correspondent Node (CN). Perangkat-perangkat tersebut menjadi sadar akan pergerakan jaringan, dan hal ini bertentangan dengan aturan dasar NEMO.

Solusi dari OPR adalah dengan membentuk logical multilink subnet.

MR mengonfigurasi CoA-nya dengan DP, sedangkan MNN mengonfigurasi CoA-nya dengan Mobile Network Prefix (MNP) yang disebarkan oleh MR yang terhubung langsung dengannya. Gambar di bawah ini mengilustrasikan gagasan OPR.

OPR Scheme
The proposed Improved Prefix Delegation mechanism

Mekanisme translasi alamat yang mirip dengan Network Address Translation (NAT) diperlukan untuk menerjemahkan alamat CoA MNN dengan alamat DP dan sebaliknya. Translasi alamat yang disebut Delegated Prefix Translation (DPT) ini dilakukan untuk menghindari masalah ingress filtering. Setiap MR mengubah titik keterikatannya, MR akan me-reset table translasi karena MR menerima DP baru dari Access Router (AR) yang baru. MNN tidak perlu mengubah CoA dengan yang sesuai DP.

Pada prosedur OPR, alamat delegasi baru yang dibuat oleh DPT didaftarkan ke HA dan CN. Alamat ini menunjukkan jalur teroptimasi antara end nodes.

OPR Option Format
OPR Option Format

Opsi OPR dibawa oleh Destination Option extension header. Value field berisi alamat asli Home-of-Address (HoA) atau CoA-nya MNN. Tanda “R” diatur untuk menunjukkan pada HA dan CN bahwa alamat tersebut harus didaftarkan pada opsi OPR. Jika R = 0, HA dan CN akan berasumsi bahwa proses registrasi sudah selesai dan akan memvalidasi opsi OPR dengan tabel registrasi yang telah ada. Tanda “R” ditambahkan untuk menyediakan transparansi ke seluruh MNN ketika MR mengubah titik keterikatannya. Jika MR mendeteksi pergerakan dan menerima DP baru, tanda “R” dipasang oleh MR untuk memberi tahu HA atau CN bahwa jalur yang optimal telah berubah. HA dan CN akan meng-update alamat baru sehingga paket akan melalui jalur baru tersebut.

Operasi MR dibagi menjadi dua berdasarkan format paket yang dikirim MNN.

1. Jika ditemukan Home Address destination Option (HAO) pada paket, MR mengenali MNN sebagai node yang menggunakan MIPv6. MR akan mengganti HAO dengan opsi OPR yang membawa alamat HAO (misal: HoA-nya VMN).

2. Jika tidak ada HAO pada paket, MR tahu bahwa MNN adalah node yang non-MIPv6. Jadi, MR menambahkan destination option header yang berisi opsi OPR ke paket tersebut. Opsi ini membawa alamat sumber dari paket aslinya.

Optimized Path Registration (OPR) Scheme
Optimized Path Registration (OPR) Scheme
Iklan

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s