Trik Penerapan Mobiwan Patch untuk NS-2.33 di Ubuntu 10.04

Karena riset saya berkaitan dengan IPv6 dan versi original NS2 tidak mendukung IPv6, patch mobiwan perlu ditambahkan ke NS2. Artikel blog di sini sangat membantu saya dalam instalasi Ubuntu 10.04, NS2, dan mobiwan.

Semua berjalan cukup lancar, sampai kemudian pesan error muncul saat saya mencoba menjalankan script ns2 non-mobiwan sederhana.

can't read "EnableHierRt_": no such variable
(Object set line 1) 
invoked from within
"Simulator set EnableHierRt_" 
(procedure "_o10" line 10)
(Node attach line 10)
invoked from within
"$node attach $agent"
(procedure "_o3" line 2)
(Simulator attach-agent line 2)
invoked from within
"$ns attach-agent $n0 $udp0"

Hmmm… ada apa ini?

Hasil googling menunjukkan bahwa perlu trik khusus dalam penerapan patch mobiwan ini, agar kita tetap bisa menjalankan script ns2 yang non-mobiwan.

Diskusi di forum Linux ini memberi pencerahan di tengah kebingungan saya.
Sayangnya, karena bentuknya forum diskusi, bentuknya tak terstruktur/kurang sistematis. Ada beberapa solusi yang dipaparkan dengan kurang jelas, atau ada pula yang tambah bikin error, karena tidak semua yang berbicara di situ adalah para ahli di bidang ns2. Malah sebagian besar mungkin adalah orang-orang seperti saya yang sedang tersesat dan tak tau arah jalan pulang~

Jadi, saya coba mengarsipkan solusi yang berhasil saya terapkan.

  1. Saya uninstall dulu ns2 (karena file-file-nya sudah tidak “asli” lagi, sudah terlanjur apply patch mobiwan) dengan cara menghapus folder ns-allinone-2.33.
    Untuk menghapus patch sebenarnya bisa, dengan menambahkan -R di perintah patch yang telah dilakukan (perintah: $patch -p1 -R < ns-233-mobiwan-1.patch). Namun ini tidak saya coba karena saya sudah terlanjur uninstall ns2.
  2. Install ulang ns2 seperti biasa. (bisa lihat di artikel ini, sampai poin nomor 12, sebelum menerapkan patch mobiwan)
  3. Masuk ke folder ns-allinone-2.33/ns-2.33/. Copy ‘ns’ (binary file) ke folder lain, di luar ns-allinone-2.33. Misalnya, saya copy ke folder Documents. Lalu, file tersebut di-rename, misalnya diganti nama menjadi ‘ns-orig’.
    Saran lain: file ‘ns-orig’ ini di-copy ke folder /usr/local/binPada kasus saya, script tcl non-mobiwan bisa dieksekusi di folder Documents dengan perintah: ./ns-orig ns-simple.tcl
  4. Masuk ke folder ns-allinone-2.33, ganti nama folder ns-2.33 menjadi ns-2.33-mobiwan.
  5. Copy file patch mobiwan ke folder ns-allinone-2.33.
    (update 18 Feb 2016: patch dapat diunduh di sini)
  6. Jalankan perintah: patch -p0 < ns-233-mobiwan-1.patch (Bukan p1, tapi p0. Karena dieksekusi di folder ns-allinone-2.33, bukan di folder ns-allinone-2.33/ns-2.33)
  7. Ganti nama folder ns-2.33-mobiwan menjadi ns-2.33 (nama folder diubah ke nama awal)
  8. Masuk ke folder ns-allinone-2.33/ns-2.33, eksekusi perintah:
    ./configure
    make clean
    make

Selesai~!

Eksekusi script tcl mobiwan bisa dilakukan dengan perintah ‘ns’ (seperti biasa).
Eksekusi script tcl non-mobiwan dilakukan dengan perintah ns-orig.

Semoga berhasil 😉

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

5 thoughts on “Trik Penerapan Mobiwan Patch untuk NS-2.33 di Ubuntu 10.04”

  1. sangat bermanfaat, makasih banyak saya jd dapat pencerahan, alhamdulillah 🙂
    Mba, kalau mba berkenan bolehkah saya bertanya tanya mengenai simulasi mobile ip di ns2 dengan mobiwan?
    saya sedang mengerjakan tugas akhir saya, namun karena saya memang belum bisa menggunakan ns saya angat perlu pencerahan 🙂

    Suka

Ada komentar?

