dunia yang aneh. dunia yang membingungkan..

heran.
heran.
heran bgt.
kok banyak ya orang di dunia ini yang hobinya bikin konfliiik mulu. maunya menang sendiri. gak mau apa hidup aman-nyaman-damai-sentosa-gg banyak pikiran/masalah..

emang sih, orang-orang yang ada di sklilingku gg kaya’ gtu. semuanya asik, saling berbagi, saling menghormati, kalo ada masalah ya diselesekan secara kekeluargaan, gg seenak udel sendiri. alhamdulillah, aku hidup di lingkungan yang baek2 aja, gg aneh2..

tapi kalo aku udah liat berita di tipi ato baca koran isinya konfliiik mulu.gg selese2. walopun slese pasti timbul masalah laen..jadi puyeng liatnya [walopun sebenernya bukan masalahku siih, ngapain ya sebenernya ikut puyeng mikirin gituan,,,]

contohnya tuh, si george dabelyu bush,,betah2nya dia selalu cari masalah ama dunia internasional,,gg nyadar apa dy dah bunuh milyaran orang. kaya’nya kerjaannya cuma ngisruhin dunia luar terus. gg nyadar apa kalo negaranya sendiri aja udah makin merosot..kabar2nya sih nile mata uangnya makin nurun..sukurin deh. trus dy juga ngambek-an. masa’ dikit2 kalo ada yang ngisruhin negaranya dy langsung putus hubungan diplomatik..iiaaaah, namanya aja negara adikuasa getoo..

trus juga, kalo ada yang mengembangkan nuklir -walopun mungkin sebenernya niatnya baek- langsung dituduh bikin senjata nuklir. contohnya aja iran. trus mengaruhin eropa biar ikut2an musuhin tuh negara tertuduh. emangnya yang tekno-nya canggih cuma boleh dy gituh?

aku jadi mikir, kaya’nya kalo suatu negara pengen bisa jadi negara yang bisa ngembangin tekno-nya sendiri dan jadi canggih harus pro-amrik deh. contohnya tuh jepang. sekarang kan dy dah baek2in amrik. trus perdana mentrinya juga setuju ama agresi2nya amrik. jadinya negaranya makmur deh.

eh, barusan fay nimba ilmu sama bokap..bokapnya fay kan kadang2 ketemu ama orang2 yg licik2 gitu.. kata beliau sih, orang-orang ato lembaga-lembaga yang kebanyakan duit trus gg  puas2 sukanya gitu. maksutnya licik gitu. misalnya aja bank dunia mo ngasih pinjeman ama indonesia, katanya sih buat memajukan pendidikan indonesia. padahal kenyataannya pinjeman yang berbunga itu ada syaratnya. indonesia harus gini-gini-gini. namanya juga orang indonesa, liat duit aja matanya jadi mirip duit. jadi terpedaya deeeh…

kaya’ yg konflik di myanmar itu. fay sih sebenernya gg dong ttg masalah itu cz gg ngikutin dari awal. kata bokap sih intinya D U I T. ngaku2nya sih perdagangan demokrasi dan blablabla. trus karna militer di sana tertutup jadinya diubek2 dulu deh biar mereka bisa dagang di sana. menguasai pasar.

trus fay disindir sama bokap. "ya gini ini kalo kerjaannya nonton sinetron. gg ngerti dunia luar…" nha, ini ni juga salah satu cara mperdaya orang indon. orang-orang terlalu sibuk menghibur diri, nonton tipi, friendster-an [hehe], jadi konsumtif, ngurusin diri sendiri, gg merhatiin sodara-sodaranya di dunia lain, eh, kamsutnya negara lain..

trus bokap cerita, negara laen itu care ama rakyatnya. kalo indonesia, caranya peduli itu kan dengan menyenangkan rakyatnya. tapi kalo negara lain peduli bukan bermakna menyenangkan mereka, tapi memproteksi dan meningkatkan mutu. kata bokap yang udah bosen ke malay [nyebelin bgt gg sih.bosen coba.mana gratis terus pula *_*], di malay ama negara2 laen kaya’ inggris, tu bener2 memperhatikan acara di tipi. kalo di indon kan yg diperhatiin cuma acara ini mengandung kekerasan kagak, mengandung pornograpi kagak..kalo di luar sana yang diperhatiin porsinya. misalnya acara hiburan sekian persen, pendidikan sekian persen… trus ada acara2 pembangkit semangat. soalnya malay tuh bener2 negara yang berjuang tuk bangkit kembali.

si vietnam juga habis perang2 tu lagi bgerak buat bangkit. kalo dulu banyak orang malay ke indon buat belajar, sekarang banyak orang indon sekolah di malay. sekarang juga ternyata banyak orang vietnam yang skul di indon. trus kata bokap, yg ngajarin mereka, semangat mereka buat belajar tinggi bgt. akankah entar suatu saat malah orang indon yg sinau ke sana? artinya kan sana jadi lebih maju daripada sini. semoga saja tidak…bukan berarti semoga vietnam negara2nya gg maju2,,bukan. bukan gitu. maksutnya semoga mutu indon selalu ter-upgrade. amiin..

ngomong2in soal malay nih, mau adaa new konflik nih antara indon-malay. lagu rakyat maluku "rasa sayange" diklaim malay sebagai lagu asal negaranya, tryus dijadiin sontrek lagu pariwisata mereka…whew, semoga aja setelah tempe yg direbut jepang, sipadan-ligitan yg direbut malay, batik yang [hampir/sudah(?)] direbut malay, harta rakyat itu gg direbut lagi, dan berakhir dg damai..amiin..

eh, kaya’nya jarang ya denger konflik sekutu-afrika ato sekutu-amrik selatan.. mesti dengernya masalah antara usa-inggris-asia-ostrali. apa fay yg terlalu kuper jadi gg ngerti kalo sebenernya ada konflik. ato emang gg ada konflik-adem ayem. ato BELUM ada? entahlah.

whew, capek juga ngumbahin. muter2 lagi. gak pokus nih postingannya. intinya sebenernya ngapain sih orang2 pada rebutan pengen nambahin jumlah kekayaannya. emang sih, punya duit banyak juga lumayan penting, buat jaga-jaga kalo ada keperluan mendadak dalam jumlah besar. tapi kalo nyarinya gg pake cara halal kan dosa. emang kalo punya duit banyak banget kenapa? bisa menguasai segalanya gitu? terus kalo udah nguasain segalanya jadi apa? puas? habis puas trus apa?selesai.tamat.the end. tuh duit ber-bilyun2 juga gg bakal dibawa mati. gg ngefek di akhirat. eh, ngefek ding, pertanggungjawabannya jadi lebih lama. ngitung yang semilyar ini buat apa, yang setrilyun ini buat apa..

the best solution is reframing. kesadaran diri sendiri. caranya biar sadar ya mereka disadarin. caranya nyadarin? dikasi tau lah. pasti gg mempan. ya mo gimana lagi coba? pengennya sih mereka sadar lah baca postingan saia inih. tapi ni kan impossible bgt.lagian kalo mereka baca juga pasti gg dong maksutnya apa, kn mereka gg dong indonesian language.hahha. ;p

-mari.."..ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial…"[preambule uud 45 alenia IV]- hayuuuuuk!

Iklan

Penulis: fayruzrahma

always trying to be a simple person :)

1 thought on “dunia yang aneh. dunia yang membingungkan..”

  1. sbenernya sih g cm itu mb,,,
    aku pernah baca jg,ktanya budaya dayak jg diakui sbg milik malay,,trus yg plg piye.. gt tuh masak aku bc jg -masih d situs yg sama- rendang daging jg dipek ma malay..coba ja bukak kikil.com..trus uplek2 deh tu kikil.com,,cari yang bentukny kyk surat trus di italic..nah, bca aja tuh..

    Suka

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s